Selamat datang di BLOG WIRANIAGA TOYOTA PERTAMA di Surabaya | Komitmen kami: memberikan pelayanan untuk Anda dengan harga terbaik, proses kredit cepat & mudah, serta delivery tepat waktu. Percayakan pembelian mobil Toyota baru Anda pada kami | READY STOCK ALL TYPE: Agya, Avanza, Etios, Innova, Rush, Fortuner, Yaris, Vios, Altis, Camry, Nav1, Hiace, Hilux, Dyna, Land Cruiser, Previa, Alphard, Prius, FT 86

Avanza 1.3 S Otomatis : How To Buy

Avanza G Otomatis: How To Buy - Review AutobildAvanza 1.3 S Transmisi Otomatis : How To Buy - Review Autobild

Populasinya tidak banyak karena masa produksinya hanya sebentar. Namun sampai sekarang masih banyak yang mencarinya sebagai mobkas. Inilah varian Toyota Avanza 1.300 cc bertransmisi otomatis pertama yang diperkenalkan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM). Ketika diluncurkan Avanza 1.3 S mendapat sambutan yang bagus, sayang masa produksinya hanya sebentar. Cuma 2 tahun dengan total produksi sekitar 150.000 unit.

Oya, selain merupakan Avanza pertama bertransmisi otomatis, 1.3 S juga menjadi varian pertama yang menggunakan sistem katup variabel VVT-i, serta rem dengan ABS.

Daya tarik mobil ini adalah resale value yang bagus. Saat ini di bursa mobkas DKI Jakarta, harga Toyota Avanza 1.3 S ditawarkan di kisaran harga Rp 120-125 juta. Depresiasinya sangat rendah, sekitar 5-6% dari harga barunya.

Tipe ini juga laris diburu. Maklum saat ini konsumen perkotaan mulai menyukai varian mobil bertransmisi otomatis. Maklum jalanan ibu kota sekarang terasa semakin macet saja setiap harinya. Kehadiran mobil nirkopling akan meringankan beban berkendara.

Kemampuannya membawa orang menjadi bahan pertimbangan banyak orang. Avanza 1.3 S bisa menjadi kendaraan keluarga, dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk ritual mudik Lebaran setiap tahun.

Konsumsi bahan bakar yang efisien dan mesin yang tangguh merupakan bahan pertimbangan lain larisnya produk ini. Dan tak kalah menarik adalah harga spare part yang relatif terjangkau.

HISTORY
PT Toyota-Astra Motor (TAM) pertama kali mengeluarkan Avanza 1.3 S bertransmisi otomatis pada Agustus 2004. Inilah model termahal Avanza saat itu.

Sangat sedikit perbedaan di sisi eksterior dibanding varian 1.3 G manual. Cuma logo VVT-i, S, winshield laminated berkelir hijau, kaca belakang dengan defogger, serta aplikasi warna baru Black Mica menjadi ciri khasnya waktu itu.

Perubahan paling banyak terjadi di interior. Ini gara-gara kehadiran tuas transmisi otomatis 4-speed dengan jalur segaris bernuansa krom. Slot karcis di dasbor sudah tidak ada, gantinya adalah tuas sirkulasi udara yang mudah dijangkau.

Instrumen dasbor juga ditata ulang. Odometer dan trip meter digital duduk manis bersama spidometer serta takometer analog. Oya, indikator posisi transmisi dan rem ABS juga ditampilkan di sini.

Mesinnya menggunakan tipe K3-VE - sama seperti model 1.3 G - namun mesin 1.300 cc DOHC ini sudah menggunakan teknologi VVT-i. Saluran buangnya juga sudah dilengkapi catalytic converter sehingga ia memenuhi standar emisi Euro2. Makanya Avanza 1.3 S wajib minum bahan bakar tanpa timbal.

CHECKLIST
Pemilik mobil kerap lupa merawat peranti penyejuk udara kabin. Sering ditemui kasus sejak baru hingga 5 tahun kemudian tidak pernah melakukan servis atau pembersihan AC. Akibatnya AC tak bisa menghasilkan pendinginan yang cukup.

REMOTE KUNCI DAN ALARM
Penyakit yang umum terjadi adalah remote control yang tidak terhubung dengan baik. Bisa karena baterai remote control sudah soak atau ada perubahan sensitivitas pada modul alarm.

LAMPU DEPAN
Pada Avanza berusia 4-5 tahun biasanya lampu depannya sudah kotor sehingga terlihat buram. Jangan panik. Problem ini bisa diselesaikan sendiri dengan jalan membersihkannya atau dengan memanfaatkan jasa salon mobil. Yang penting, kabel-kabel atau sistem kelistrikan di bagian ini masih bagus.

BODI
Pelat bodi Avanza relatif tipis. Periksa apakah masih mulus dan tidak ada kerusakan atau gelombang.

Komentar mekanik
Edwin Prihadi, Kepala Bengkel Tunas Toyota Mampang
Transmisi otomatisnya sangat bisa diandalkan. Untuk yang memakai ATF Dextron III bisa diganti hingga 40.000 km. Namun, buat Avanza 1.3 S A/T yang sudah memakai oli transmisi tipe T4 bisa hingga 100.000 km.

Tidak ada perawatan khusus pada peranti penyalur tenaga mesin ini. Anda hanya cukup melakukan pemeriksaan atau pergantian berkala yang diatur di panduan servis pemilik. Selebihnya tidak ada masalah berarti di bagian ini.

Memang biaya perawatan atau pergantian oli transmisi otomatis lebih mahal ketimbang versi manual. Ini berkaitan dengan kompleksitas sistem yang dimiliki transmisi otomatis. Misalnya untuk mengganti seal transmisi otomatis pekerjaannya lebih susah ketimbang mengganti komponen yang sama di transmisi manual.

Perhatikan!

OLI TRANSMISI
Saat ini Avanza 1.3 S A/T yang berkeliaran berusia 5-6 tahun. Makanya anda perlu periksa kondisi oli transmisi otomatisnya. Saran kami, sebaiknya ganti saja cairan tersebut.

ELECTRIC FAN
Mobil yang sudah berumur ini Anda perlu memperhatikan komponen kelistrikan, khususnya electric fan. Penyakit yang umum terjadi pada komponen pendingin ini adalah mati akibat keausan pada motor pengerak atau kerusakan kabel. Kalau ini sampai terjadi, temperatur mesin akan langsung naik tinggi.

KAKI-KAKI
Kondisi karet-karet sil, bushing, dudukan suspensi, atau komponen suspensinya sendiri perlu diperiksa dengan cermat. Umumnya sudah getas atau aus akibat usia atau pemakaian. Cek dengan mendengarkan bunyi-bunyian yang muncul saat melewati jalan rusak atau menikung.

KAMPAS REM
Pada mobil bertransmisi otomatis, peranti pengurang kecepatan ini lebih cepat aus. Maklum ia paling sering dipakai atau ditekan saat dibawa jalan. Jadi sebaiknya periksa kondisinya dengan cara mendengarkan bunyi-bunyi yang muncul saat mobil direm, atau dengan merasakan kedalaman injakan pedal rem.

Kesimpulan
Toyota Avanza 1.3 S A/T merupakan pilihan bagi anda yang ini membeli People Carrier tangan kedua yang punya mesin andal, konsumsi bbm irit, dan harga spare part yang terjangkau. Tinggal kelihaian Anda menemukan mobil ini yang jadi penentu. Maklum mobkas yang satu ini tak akan pernah lama berada di showroom sebelum diboyong peminatnya.

* Avanzanation : Upaya Menjaga Loyalitas Pemakai Avanza

Untuk informasi Toyota Avanza terbaru, silahkan klik dibawah ini:
Harga AvanzaInterior AvanzaEksterior AvanzaFitur Keselamatan AvanzaFitur Kenyamanan AvanzaSpesifikasi AvanzaPilihan Warna AvanzaFoto Gambar AvanzaKredit AvanzaBrosur AvanzaPanduan AvanzaAksesoris Avanza
Untuk pemesanan Toyota Avanza Baru, silahkan klik dibawah ini:
PT. Liek Toyota - Dealer Toyota Surabaya, Jawa Timur

Related Posts by Categories



0 comments: on "Avanza 1.3 S Otomatis : How To Buy"