New Yaris TRD Sportivo : Melekatkan Gairah

mobil bekas toyota yarisToyota New Yaris TRD Sportivo : Melekatkan Gairah - Sepertinya para petarung di kelas small hatchback perlu mewaspadai langkah Toyota usai membenahi Yaris dengan balutan TRD Sportivo ver.2. Menggunakan platform standar Yaris tipe S AT Limited yang sudah berfitur lengkap, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan jubah terbaru dan komponen suspensi yang berbeda untuk hatchback ini. Klaimnya, selain tampil kian sportif, Yaris semakin lincah bermanuver membedah padatnya lalu lintas. New Yaris TRD Sportivo Semakin Melekatkan Gairah.

Dandanan yang disuguhkan body kit TRD Sportivo lansiran Thailand ini tidak sekadar mendongkrak penampilan Yaris, namun juga diklaim meningkatkan nilai aerodinamika. Yang pasti, balutan body kit ini menjadi nilai jual istimewa di antara rival-rivalnya di kelas small hatchback.

Soal mesin, TAM meyakini mesin 1NZ-FE masih memberi performa yang bisa diandalkan. Hanya saja, tidak seperti versi pendahulunya yang mengandalkan transmisi manual, kini Yaris TRD Sportivo - karena menggunakan basis standar Yaris tipe S AT Limited mau tak mau hanya tersedia dengan transmisi otomatis. Walau begitu, usah risau dengan akselerasinya, transmisi otomatis 4-speed yang disematkan tetap menjadikan Yaris TRD Sportivo responsif.

Satu hal yang cukup mencuri perhatian adalah empat buah velg TRD Sportivo berbalut ban Dunlop SP 2030 berprofil 185/60 R15. Tak bisa dipungkiri, kombinasi desain dan warna velg membuat Yaris ini tampil impresif. Dan satu hal yang menurut kami paling bernilai dari varian Yaris tertinggi ini adalah paket suspension kit TRD Sportivo. Peredam kejut dan per keong yang melengkapi keempat kaki Yaris membuat pengendaraan dan pengendalian terasa berbeda dibandingkan varian standarnya.

Suspension kit itu membuat Yaris TRD ini memiliki ground clearance lebih pendek 20 mm ketimbang Yaris standar. Meski begitu, tak ada kesan peredaman yang keras saat Yaris melaju melewati permukaan jalan bergelombang. Suspensi ini memberi pengendaraan yang mantap, sekaligus menyuguhkan pengendalian yang lebih baik saat bermanuver. Di kecepatan tinggi, mobil ini lebih yakin saat melahap tikungan, karena gejala body roll yang minim. Gejala understeer yang kami rasakan cukup mengganggu pada varian Yaris standar sangat bisa dieleminasi pada Yaris TRD ini.

Sayangnya, aroma TRD Sportivo tak merebak hingga ke interior. Seluruh kabin masih membawa fitur standar Yaris tipe S, seperti tombol audio di lingkar kemudi, tombol smart start/stop system, lingkar kemudi dan tuas transmisi sudah berbalut kulit, smart entry, hingga dual SRS airbag.

Pendek kata, penampilan "menggairahkan" dari Yaris ini memang begitu menggoda. Tersedia hanya dengan pilihan warna putih, Yaris TRD Sportivo Ver.2 ini dibanderol Rp 240.450.000 (OTR Jakarta) dan sudah siap dipesan sejak Juni 2010.

KEUNGGULAN

- Body kit menyegarkan
- Suspensi menyenangkan

KEKURANGAN

- Tak ditawarkan peningkatan performa
- Interior tanpa sentuhan TRD

DATA & FAKTA

TOYOTA YARIS TRD SPORTIVO VER.2

Mesin : 4-silinder segaris 1.497cc
Tenaga : 109 hp@ 6.000 rpm
Torsi : 141 Nm@ 4.200 rpm
Transmisi : Otomatis, 4-speed, Super ECT
Ekonomi : 10,45 kpl (kombinasi)

Racikan TRD Sportivo membuat Yaris jauh lebih istimewa.

Komentar