Selamat datang di BLOG WIRANIAGA TOYOTA Surabaya

Komitmen kami: memberikan pelayanan terbaik untuk Anda, proses kredit cepat & mudah, bunga kompetitif, banyak bonus, delivery tepat waktu

Cover Area seluruh Jawa Timur: Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Pasuruan, Pandaan, Malang, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Madura, Banyuwangi, Blitar, Bondowoso, Jember, Kediri, Lumajang, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Probolinggo, Situbondo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kertosono, Madiun

Pemesanan Mobil Toyota Baru Silahkan Hubungi :
TEGUH KURNIAWAN
HP. 0822-5766-7335
whatsapp/line. 0822-5766-7335
Email: sales@belitoyota.com
Wechat ID: TEGUH-TOYOTA
PIN BB 51B43B35

Home » » Menelisik Toyota New Avanza Automatic

Menelisik Toyota New Avanza Automatic

harga mobil new avanza baruTransmisi automatic 4-speed yang dipakai Toyota Avanza, baik 1.5 S matik dan 1.3 G Matik dan kelak 1.3 E Matik didatangkan utuh dari Jepang dan bukan buatan Indonesia seperti transmisi manual Toyota Avanza. Kenapa harus dari Jepang, baca terus tulisan ini.
Toyota Avanza Automatic menawarkan kenyamanan dan kemudahan terutama untuk penggunaan dalam kota karena kerja kaki kiri yang mengoperasikan kopling sudah tidak ada lagi. Pengemudi hanya menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal gas atau rem.

Manfaat lain, konsentrasi pengemudi tidak terpecah-pecah. Bayangkan jika menggunakan transmisi manual di tikungan macet menanjak yang dikawal ’Pak Ogah’. Pengemudi harus memutar roda kemudi, menekan gas, menjaga pedal kopling, menoleh kanan kiri memantau situasi diluar, mengontrol laju mobil dengan rem, berebut tempat dengan sepeda motor, membuka kaca jendela, mengambil koin, menyerahkan pada Pak Ogah, wuih.

Lalu bayangkan dengan ini, kaki di pedal rem mengontrol laju mobil, memutar roda kemudi, membuka kaca dan menyerahkan koin. Beres! Mobil bergerak sendiri dengan kecepatan rendah. Soal pindah gigi, menekan gas agar mobil bergerak, menjaga pedal kopling, semua sudah di urus mesin dan sistem transmisi matik. Pengemudi bisa sepenuhnya memantau situasi diluar dan mengarahkan mobilnya agar aman.

Tentu saja ada harga yang harus dibayar. Yang jelas konsumsi bahan bakar transmisi otomatis –bukan Avanza saja- lebih boros dari manual. Dan kampas rem lebih cepat habis jika pengemudi malas menggeser tuas ke posisi N jika berhenti dan malah menekan pedal rem seperti kebiasaan di manual.

Anatomi transmisi matik berbeda dengan manual. Transmisi manual terdiri dari kopling dan susunan gear. Kopling bertugas memisahkan aliran energi dari mesin ke transmisi. Saat pedal kopling ditekan, aliran energi di pisahkan. Saat itulah, tuas transmisi digerakkan untuk memindahkan gigi-gigi sesuai kebutuhan. Pengemudi jadi otaknya, dia yang menentukan kapan harus pindah gigi.

Pada transmisi matik, peran kopling diganti torque converter. Tidak ada susunan gigi-gigi, penggantinya adalah dua set planetary gear (untuk Avanza matic). Sedangkan perpindahan gigi dilakukan sistem hidrolis yang disebut Hydraulic Control System (HCS). Otaknya Electronic Control Transmission (ECT) yang dibisiki banyak sensor. Dia yang memerintahkan HCS untuk menaik-turunkan gigi atau menjaga gigi diputaran tertentu.

Menurut Iwan Abdurahman dari Technical Service Dept. Toyota-Astra Motor, torque conveter bisa disebut kopling otomatis. Tidak seperti kopling yang harus menempel untuk menyalurkan energi mesin, pada torque conventer tidak pernah nempel, energi dialirkan lewat fluida. Anda bisa membayangkan dua buah kipas angin berhadapan. Yang satu dihidupkan dan bilahnya akan berputar. Angin yang berhembus itu akan memutar bilah kipas didepannya. Itu prinsip dasarnya. Nah, pada torque conveter, fluida itu terperangkap dalam ruang tertutup. Jadi fluida yang mengalir akan kembali ke bilah awal dengan energi lebih besar dari semula sehingga putaran yang mengalir lebih kuat. Demikian seterusnya. Nah, selalu ada kondisi dimana mesin sudah berputar tapi aliran fluida itu belum cukup untuk memutar sistem transmisi. Disinilah biasanya bahan bakar terbakar percuma dan menurunkan efisiensi mesin.

Kerja planetary gears lebih rumit dari sistem gears pada manual. Kerjanya harus ditemani ‘asisten’ yang betugas mengerem/menahan gears dan bagian memutar. Kerja sistem dihidupkan oleh aliran fluida yang berasal dari hydraulic control system. Panel dibagian bawah sistem transmisi ini berupa jalur-jalur aliran fluida yang sangat rumit, halus dan berliku-liku seperti rangkaian papan PCB. Karena itu, untuk memproduksi transmisi matik harus dilakukan diruang bebas debu. Karena satu debu saja bisa menyumbang satu pembuluh atau mengerosi saluran. Di Indonesia belum ada pabrik seperti ini, jadi didatangkan utuh dari Jepang.

Apa yang membedakan dengan transmisi matik lainya.? Pada Toyota Soluna misalnya. Sistemnya masih murni hidrolis-mekanis tidak dilengkapi sensor-sensor elektronis yang membantu mengoptimalkan kerja transmisi. Sistem safety juga ditingkatkan. ”Misalkan jika anda tidak sengaja memindahkan gigi dari D ke R,” kata Iwan. Pada transmisi Avanza, tuas tetap pindah, tapi sensor-sensor memberitahu ECT bahwa ini ’perintah ilegal’ yang harus ditangani dengan hati-hati. Sistem akan memperlambat mobil lalu pada pada titik aman, di kecepatan 3km/jam, baru benar-benar pindah ke gigi mundur. Pada transmisi lama, ini fatal.

Avanza tidak dilengkapi dengan overdrive switch. Overdrive artinya transmisi berputar lebih cepat dari putaran mesin. Manfaatnya, mobil melaju lebih kencang. Mudharatnya, torsi sangat kecil. Jika switch ini ditekan, sistem akan menahan supaya gigi tidak pindah ke overdrive. Di Avanza fungsi switch itu digantikan dengan gigi 3. Jika tuas di geser ke posisi 3, maka transmisi matik tidak akan pindah ke gigi empat yang biasanya overdrive. Jadi bila melaju di tanjakan atau turunan, tuas dipindahkan ke posisi ini untuk mendapatkan torsi. Jika dirasa kurang bisa pindah lagi ke 2.

Salah satu kelebihan Avanza Matik adalah start yang smoth dan tidak ada hentakan. Ini karena muslihat yang dilakukan ECT. Ketika start, ECT tidak memerintahkan hydraulic control system untuk meminta planetary gear set merubah diri jadi gigi satu, tapi malah langsung ke gigi 2. Namun ’pembakangan’ itu hanya sesaat saja. Begitu mobil beranjak, langsung komposisi planetary gear berubah lagi ke posisi gigi 1 untuk mendapatkan torsi maksimal dan bergarak penuh tenaga.

”Kerja transmisi automatic sangat tergantung pada fluida yang dipakai atau disebut Automatic Transmission Fluida (ATF). Jadi patuhi rekomendasi pabrikan untuk mendapatkan kinerja optimal,” saran Iwan. Toyota New Avanza menggunakan Dextron yang diganti tiap 40,000km.

Untuk informasi Toyota Avanza terbaru, silahkan klik dibawah ini:
Harga AvanzaInterior AvanzaEksterior AvanzaFitur Keselamatan AvanzaFitur Kenyamanan AvanzaSpesifikasi AvanzaPilihan Warna AvanzaFoto Gambar AvanzaKredit AvanzaBrosur AvanzaPanduan AvanzaAksesoris Avanza
Untuk pemesanan Toyota Avanza Baru, silahkan klik dibawah ini:
PT. Liek Toyota - Dealer Toyota Surabaya, Jawa Timur

0 comments:

Harga Mobil Terbaik & Informasi Terupdate

Toyota Surabaya, Dealer Resmi Mobil Toyota di Surabaya dan wilayah Jawa Timur. Melayani Cash & Kredit dengan jaminan Harga Mobil Toyota Terbaik. Toyota Surabaya, akan selalu menyajikan informasi seputar mobil Toyota mulai dari Daftar Harga Mobil Toyota Surabaya terbaru dan Terupdate tiap bulan, Promo Produk Mobil Toyota Terbaru, Kredit Mobil Toyota, Alamat Dealer Resmi Toyota wilayah Jatim, serta jadwal pameran mobil Toyota di Surabaya.

Dapatkan juga TOYOTA SERVICE, diantaranya:

  • EXPRESS MAINTENANCE
    Toyota Surabaya mempersembahkan program terbaru yaitu “Toyota Express Maintenance“. Dengan pelayanan yang bermoto “Time is yours“, pelangggan Toyota dapat melakukan perbaikan kendaraannya dengan waktu yang lebih cepat.
  • SERVICING PERIODIC
    Menjamin kenyamanan berkendara sepanjang waktu.
  • BODY & PAINT
    Ekspresi gaya dan warna berkendara. Kami memahami kendaraan Anda adalah cermin kebanggaan Anda yang bersifat fungsional dan bersifat seni. Serta kendaraan yang harus tampil baik di dalam, maupun tampilan luarnya. Untuk itulah Toyota menyediakan layanan Perbaikan Bodi.
  • TOYOTA GENUINE ACCESSORIES (TGA)
    Tempat yang tepat untuk meningkatkan penampilan mobil Toyota Anda.
  • TOYOTA GENUINE PARTS
    Jaminan kualitas Parts Toyota demi kenyamanan dan kepuasan Anda. Gunakan selalu Toyota genuine parts.
  • TRADE IN CAR
    Mudah di saat Anda ingin mengganti dengan mobil Toyota baru.

Dealer Mobil Toyota Surabaya, layanan penjualan mobil Toyota yang meliputi: Calya, Agya, Etios, Sienta, Avanza, Kijang Innova, Rush, Fortuner, Yaris, Yaris Heykers Crossover, Vios, Corolla Altis, Camry, Hilux, NAV1, Hiace, Land Cruiser, Alphard, Vellfire, FT-86. Baik pembayaran secara Cash atau Kredit (kredit mobil Toyota) dengan jaminan harga mobil terbaik untuk wilayah Surabaya.


WIRANIAGA TOYOTA DI KOTA ANDA
Ambon - Maluku
Balikpapan - Kalimantan Timur
Banda Aceh
Bandar Lampung
Bandung - Jawa Barat
Bangka Belitung
Bangkalan, Madura - Jawa Timur
Banjarbaru - Kalimantan Selatan
Banjarmasin - Kalimantan Selatan
Banyuwangi - Jawa Timur
Batam - Kep. Riau
Batulicin - Kalimantan Selatan
Bekasi - Jawa Barat
Bengkulu
Berau - Kalimantan Timur
Blitar - Jawa Timur
Bogor- Jawa Barat
Bojonegoro - Jawa Timur
Bondowoso - Jawa Timur
Bulukumba - Sulawesi Selatan
Cianjur - Jawa Barat
Cikarang - Jawa Barat
Cilacap - Jawa Barat
Cilegon - Jawa Barat
Cirebon - Jawa Barat
Denpasar - Bali
Depok - Jawa Barat
Duri - Riau
Garut - Jawa Barat
Gianyar - Bali
Gresik - Jawa Timur
Jakarta Barat
Jakarta Pusat
Jakarta Selatan
Jakarta Timur
Jakarta Utara
Jambi - Sumatera
Jember - Jawa Timur
Jombang - Jawa Timur
Kediri - Jawa Timur
Karawang - Jawa Barat
Kertosono - Jawa Timur
Kolaka - Sulawesi Tenggara
Kudus - Jawa Tengah
Kupang - Nusa Tenggara Timur
Lamongan - Jawa Timur
Lhokseumawe - Aceh
Lumajang - Jawa Timur
Madiun - Jawa Timur
Magetan - Jawa Timur
Makassar - Sulawesi Selatan
Malang - Jawa Timur
Manado - Sulawesi Utara
Manokwari - Papua Barat
Mataram, Lombok - NTB
Medan - Sumatera Utara
Melak - Kalimantan Timur
Merauke - Papua
Mojokerto - Jawa Timur
Nabire - Papua
Negare - Bali
Nganjuk - Jawa Timur
Ngawi - Jawa Timur
Pacitan - Jawa Timur
Padang - Sumatera Barat
Palangkaraya - Kalimantan Tengah
Palembang - Sumatera Selatan
Pandaan - Jawa Timur
Pangkalan Bun - Kalimantan Tengah
Pamekasan, Madura - Jawa Timur
Pasuruan - Jawa Timur
Pekalongan - Jawa Tengah
Pekanbaru - Riau
Ponorogo - Jawa Timur
Pontianak - Kalimantan Barat
Probolinggo - Jawa Timur
Purwokerto - Jawa Tengah
Salatiga - Jawa Tengah
Samarinda - Kalimantan Timur
Sampang, Madura - Jawa Timur
Sanur - Bali
Semarang - Jawa Tengah
Sengkang - Sulawesi Selatan
Serang - Banten
Sidoarjo - Jawa Timur
Singaraja - Bali
Sintang - Kalimantan Barat
Situbondo - Jawa Timur
Solo - Jawa Tengah
Soppeng - Sulawesi Selatan
Sorong - Papua Barat
Sorowako - Sulawesi Selatan
Subang - Jawa Barat
Sumenep, Madura - Jawa Timur
Sukabumi - Jawa Barat
Tana Toraja - SulSel
Tangerang - Banten
Tangerang Selatan
Tanjung Karang - Lampung
Tanjung Tabalong - Kalimantan Selatan
Tarakan - Kalimantan Timur
Tasikmalaya - Jawa Barat
Tenggarong - Kalimantan Timur
Tabanan - Bali
Tegal - Jawa Tengah
Timika - Papua
Trenggalek - Jawa Timur
Tuban - Jawa Timur
Yogyakarta - DIY
Wiraniaga Toyota yang tertarik untuk mempromosikan profil Anda di blog ini, silahkan mengirim permintaan dan data Anda melalui email: sales@belitoyota.com

Terbanyak Dibaca