All New Corolla Altis : The Real Star

All New Corolla Altis : The Real StarBertempat di Atrium Senayan City, PT Toyota-Astra Motor meluncurkan generasi terbaru dari salah satu produk legendaris Toyota yang telah berpuluh tahun mendulang kesuksesan sebagai sedan terlaris di dunia. Generasi ke-10 dari Corolla ini adalah produk global dengan desain lebih dinamis-elegan, performa unggul, lebih ramah lingkungan, dilengkapi fitur-fitur terbaru serta kelengkapan safety terdepan di kelasnya; membuat kendaraan ini semakin layak menyandang gelar All New Corolla Altis - The Real Star.

Sebagaimana generasi terdahulu, kendaraan ini dibangun berdasarkan konsep sedan sekelas di atasnya dan ditujukan untuk dapat memuasakan konsumen di seluruh dunia. Dalam peluncurannya, tagline tersebut juga terwakili oleh sosok Orlando Bloom, seorang bintang yang akan semakin bersinar di masa depan, sebagaimana All New Corolla Altis.

Pertama kali diperkenalkan pada 1966, kini Corolla telah dijual di lebih dari 140 negara di seluruh dunia. Pusat produksi Corolla di 16 negara di dunia mensuplai permintaan pasar akan sedan ini di seluruh dunia, dengan standar global. ”Penjualan Corolla di seluruh dunia telah melebihi 33,5 juta unit dan merupakan kendaraan terlaris di dunia,” ungkap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Di Indonesia sendiri Corolla pertama kali diperkenalkan dengan resmi pada 1972, yang merupakan generasi ke-2. Menyusul generasi ke-3 pada 1975, ke-4 (Corolla DX) pada 1980, ke-5 (Corolla SE) pada 1984, ke-6 (Corolla dengan mesin Twin Cam) pada 1988 dan generasi ke-7 (Great Corolla) pada 1992. Pada tahun 1996 diluncurkan Corolla generasi ke-8 yang mulai mengakomodir fitur-fitur keselamatan seperti ABS, dan disusul oleh Corolla Altis yang merupakan generasi ke-9 pada tahun 2001. ”Kami bersyukur, para pengguna Corolla di Indonesia adalah pelanggan yang loyal. Jumlah penjualan Corolla di Indonesia hingga 2007 sudah lebih dari 130.900 unit, dan kami optimis akan terus bertambah dengan hadirnya generasi terbaru ini,” tambah Johnny Darmawan. ”Dengan jumlah tersebut, Corolla juga merupakan sedan terlaris di Indonesia.”

Masih mempertahankan nama Altis, Corolla generasi terbaru ini diharapkan dapat memperkuat dominasi Toyota di segmen small sedan di Indonesia. Dengan angka penjualan kumulatif 2001 - 2007 sebesar 16.232 unit atau lebih dari 46% market share, Corolla Altis terhitung sebagai market leader di kelasnya.

”Hal-hal yang menjadi selling point utama All New Corolla Altis adalah desain yang elegan namun lebih dinamis dan bercita rasa global, performa unggul dan ramah lingkungan, kenyamanan dan kelengkapan fitur, serta fasilitas safety terdepan di kelasnya,” papar Johnny Darmawan lagi.

Eksterior All New Corolla Altis telah mengakomodir filosofi Vibrant Clarity dengan sentuhan swipe cut yang modern, tetap mempertahankan karakter elegan khas Corolla dengan siluet yang lebih lebar dan rendah untuk mengedepankan karakter dinamis. Khusus untuk pelanggan di Indonesia, terdapat tambahan aksesori pada headlamp, gril depan, muffler cutter, serta fog lamp (tipe V).

Kabin All New Corolla Altis lebih luas dari generasi sebelumnya, demikian pula kapasitas bagasinya yang mampu memuat 4 buah golf bag. Hal tersebut masih didukung jumlah multi use storages di kabin yang mencapai 14 titik, serta fasilitas penunjang kenyamanan seperti headrest di semua kursi termasuk kursi tengah di baris ke-2, serta seat arrrangement yang fleksibel. Desain interior mengesankan kelapangan, elegan dan modern, misalnya seperti yang tampak pada tampilan dashboardnya. Material yang digunakan juga lebih ramah lingkungan dengan kadar VOC (Volatile Organic Compounds) yang lebih rendah dari generasi sebelumnya.

Dari sisi fitur, All New Corolla Altis dilengkapi fitur-fitur terbaru yang pertama di kelasnya, seperti Cruise Control (V), Smart Start/Entry (V&G), Clearance Sonar (V), Power Drive Seat Adjuster (V), dan fasilitas Manual Leveling pada headlamp (V).

Selain itu juga fasilitas berkelas seperti steering switches, 4-dial Optitron Meter, tilt and telescopic steering, Auto Rain Sensor (V), Cruise Control (V), Manual Leveling Headlamp (V), Smart Entry & Start (V&G), steering switches, turut mengoptimalkan kenikmatan dan kepraktisan berkendara. ”Kelebihan dari produk-produk Toyota adalah bahwa tidak hanya pengemudi, namun juga penumpang mendapatkan kenyaman prima. Hal tersebut juga dapat dirasakan pada All New Corolla Altis ini.”

Dari sisi performa, All New Corolla Altis masih mengedepankan engine 1ZZ-FE berteknologi VVT-i dilengkapi intelligent drive by wire dengan ETCS-i yang bertenaga, efisien, dan kini telah memenuhi standar emisi EURO III. Meski memiliki ukuran yang lebih besar dari generasi sebelumnya, All New Corolla Altis terbukti lincah dikendarai dengan akselerasi mantap, turning radius 5,3 m dan turning ability maksimal.

Kelengkapan keselamatan All New Corolla Altis terdepan di kelasnya, seperti seat belt di semua kursi, back dan clearance sonar serta rear & front foglamp, yang merupakan fitur-fitur yang tidak terdapat pada kompetitornya, selain kelengkapan seperti GOA Body, ABS-EBD-BA, dual airbags, dll.

All New Corolla Altis tersedia dalam 3 pilihan tipe (J, G, dan V) dan 6 pilihan warna : Beige Metallic, Silver Metallic, Med Silver Metallic, Dark Grey Mica, Black Mica, dan Grayish Blue Metallic. Sebagaimana produk-produk Toyota lainnya, juga didukung oleh 186 sales outlet dan layanan purna jual (servis dan spare part) di 165 servis center serta 36 Body&Paint center yang tersebar di seluruh Indonesia. Toyota juga memberikan jaminan garansi selama 3 tahun atau 100.000 km, tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu.