All New Corolla Altis : Kembalinya Sang Legenda

Kalau di Indonesia mobil Kijang dikenal sebagai kendaraan legendaris dan terfavorit, maka di pasar global Toyota Motor Company mengakui bahwa Corolla sebagai Sang Legenda. Kehadiran All New Corolla Altis menandai 42 tahun eksistensi Corolla di pasar global.

Setelah 2 tahun absen di pasar Indonesia, Toyota kembali merilis All New Corolla Altis. Generasi ke-sepuluh Corolla di pasar global ini tampil dengan fitur baru yang tidak dimiliki sedan sekelasnya.

Yasayuki Kawamoto, Chief Engineer Corolla dari Toyota Motor Company mengatakan, pihaknya membutuhkan waktu setidaknya 4 tahun untuk mengembangkan mobil ini. Ini dikarenakan penambahan fitur-fitur baru yang membuatnya berbeda dengan sedan lain di kelasnya.

Selain itu, Kawamoto yang juga hadir saat peluncuran All New Corolla Altis di Indonesia, menambahkan, Corolla Altis merupakan produk global yang standarnya juga mendunia. Tidak heran apabila Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor mengatakan, apabila kita mengunjungi negara yang didatangi Corolla, kita tidak akan melihat adanya perbedaan desain eksterior dengan Corolla Altis di Indonesia.

Setidaknya ini dapat dilihat dari tampilan kabin yang lebih luas. Ini untuk menyesuaikan dengan tubuh orang-orang barat yang secara fisik lebih besar.

Eksterior All New Corolla Altis mengakomodasi filosofi Vibrant Clarity dengan sentuhan swipe cut yang modern, tetap mempertahankan karakter elegan khas Corolla dengan siluet yang lebih lebar dan rendah untuk mengedepankan karakter dinamis. Untuk pelanggan Indonesia, terdapat tambahan aksesori pada headlamp, grill depan, muffler, serta fog lamp untuk varian V.

Fitur terbaru yang diaplikasikan All New Corolla Altis antara lain, Cruise Control untuk varian V, Smart Start/Entry (V&G), Clereance Sonar (V) dan Back Sonar (V dan G) berfungsi memudahkan mengenali benda asing di sekeliling mobil, Power Drive Seat Adjuster (V), serta fasilitas manual leveling pada headlamp (V).

Selain itu juga terdapat fitur berkelas seperti, steering switches, 4-dial Optitron Meter, tilt and telescopic steering, dan Auto Rain Sensor (V).

Di bagian interior nampak bergaya dengan aksen kontras center cluster. Pengemudi dimanjakan dengan fitur smart start di mana saat menyalakan mesin kendaraan cukup dengan menekan tombol. Tempat duduk bagian depan dapat diatur lebih lega. Pada varian V dilengkapi dengan hip point height adjustment malalui power driver seat adjuster. Pada tempat duduk bagian belakang, penumpang memiliki keleluasaan bergerak karena lantai didesain semakin rata serta jarak kursi depan dan belakang yang semakin lebar. Kursi belakang juga dapat dilipat secara terpisah untuk menghadirkan suasana kabin yang lebih luas.

Dari sisi eksterior, All New Corolla Altis mengusung dimensi yang lebih lebar, panjang, dan rendah sehingga memberikan kesan dinamis. Garis lengkung juga terlihat lebih berkarakter dari depan ke samping. Bagian depan tampak sporty dengan kombinasi radiator grill yang rendah serta konfigurasi bumper yang mengalir dan mengikuti alur desain grill.

Tampilan sporty desain depan juga didukung perangkat secara auto on/off headlamp yang menyala secara otomatis jika cahaya di sekeliling kendaraan kurang terang.

Dapur pacu didukung dengan mesin 1.790 cc, 1ZZ-FE VVT-I, 4 silinder sejajar, 16 katup, DOHC yang mampu menghasilkan tenaga 143 ps pada 6.000 rpm. Torsi maksimumnya 19,2 kgm pada 4.200 rpm yang dilengkapi dengan sistem pengendaraan drive by wire sehingga tidak membutuhkan kabel gas lagi. Ini akan berguna untuk menghasilkan performa lebih optimal, efisien bahan bakar dan yang pasti ramah lingkungan.

Fitur keamanan dilengkapi dengan ABS, EBD yang mengoptimalkan kestabilan saat pengereman di jalan menikung. Brake Assist System juga dilengkapi untuk meningkatkan sistem pengereman dalam kondisi darurat.

Sistem pengamanan pasif pada Corolla menggunakan GOA body yang dapat meminimalisir kerusakan dalam berbagai kondisi tabrakan. Selain itu juga terdapat SRS airbag di bagian depan untuk pengemudi dan penumpang, kursi dengan sistem whisplash injury lessening untuk mengurangi risiko cedera leher saat terjadi tabrakan dari belakang. Serta sabuk pengaman pretensioner dengan 3 titik untuk penumpang belakang.

Kehadiran All New Corolla Altis tentu akan meningkatkan persaingan sedan kelas menengah di Indonesia yang terjual 500 hingga 600 unit sebulan. Dengan keunggulan fitur, Toyota tentu semakin percaya diri, cerita sukses Corolla akan berlanjut dan terus melegenda.