Toyota Avanza : Manual Atau Matik Sama Aja

Harga Toyota Avanza : Manual, AutomaticToyota Avanza dan Daihatsu Xenia tetap kokoh sebagai pemimpin pasar di kelasnya. Bicara soal Avanza atau Xenia, enggak usah ditanya lagi soal resale value-nya. Bahkan sering kedua 'saudara kandung" itu punya harga jual kembali melebihi harga barunya ketika pertama beli. Itulah salah satu fenomena Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.

Namun, itu fenomena yang terjadi pada Avanza G dan Xenia Xi bertransmisi manual. Bagaimana dengan yang bertransmisi matik? Leovan Widjaja, pemain mobkas (mobil bekas) & kawakan memprediksi tak banyak berbeda. "Sama aja kok," tegasnya.

Karena resale value tinggi itu kan berhubungan langsung dengan demand. Kalau permintaan terhadap mobil tersebut banyak, otomatis harga jual kembalinya akan tinggi.

Ada tiga faktor yang menurut Leovan, Avanza G matik dan Xenia Xi matik bisa laku dan mempunyai resale value sebanding. Pertama, kedua mobil itu sudah mempunyai massa beratus-ratus ribu orang.

Kedua, cukup banyak new comer untuk mobil. Dan terakhir, transmisi matik memang sedang digandrungi saat ini. "Apalagi matiknya ada di Avanza dan Xenia yang memang laris," tegas pria yang juga menjabat general manager Mobil 88, di Sunter, Jakut ini.

Kalau sudah begitu, tak tertutup kemungkinan berimbas ke mobkasnya. la menyontohkan Avanza khususnya yang sudah seperti Kijang kapsul di era '90-an. Saat ini Avanza jadi favorit di pedagang mobkas Tanah Air. "Kalau kita enggak stok 1 unit Avanza saja di showroom kayaknya kurang afdol gitu," ungkap Budiman.

Pasalnya, kata pedege mobkas rumahan yang juga buka showroom di daerah Bekasi itu, Avanza termasuk mobil yang paling banyak dicari. Apalagi, pasaran harga Avanza cukup kuat sehingga boleh dibilang jadi 'ladang emas' dalam jual-beli mobkas.

Pun begitu Xenia Xi 1.300-nya. Depresiasi per tahunnya juga tak terlalu jatuh seperti mobil minibus atau MPV lainnya.

Menurut Leovan, depresiasi Xenia-Avanza tak lebih dari 10%. "Paling 5-6%-an tiap tahunnya," tukasnya. Pasarannya manteng aja, apalagi kalau mau Lebaran. Wuihh... bisa untung banyak pedagang," sergah Budiman.

Di showroomnya, Leovan kasih ancar-ancar harga pasaran Avanza G M/T tahun 2008 sekitar 135 jutaan. Sedangkan untuk tahun 2009-nya berkisar Rp 140 jutaan. Sementara harga seken Xenia Xi M/T tahun 2008 dipasarkan Rp 120 jutaan. Dan dijual Rp 125 jutaan untuk keluaran 2009-nya.

Beli mobil yang nggak perlu pusing kalau mau dijual lagi? Pilihan tepat memilih matik Daihatsu Xenia atau Toyota Avanza.

*
Review Toyota Avanza : Transmisi Baru Guna Memudahkan Pengemudinya

Untuk informasi Toyota Avanza terbaru, silahkan klik dibawah ini:
Harga AvanzaInterior AvanzaEksterior AvanzaFitur Keselamatan AvanzaFitur Kenyamanan AvanzaSpesifikasi AvanzaPilihan Warna AvanzaFoto Gambar AvanzaKredit AvanzaBrosur AvanzaPanduan AvanzaAksesoris Avanza
Untuk pemesanan Toyota Avanza Baru, silahkan klik dibawah ini:
PT. Liek Toyota - Dealer Toyota Surabaya, Jawa Timur

Komentar