Toyota Kijang : Innova Gunakan Suku Cadang Ramah Lingkungan

jual beli toyota kijang innovaToyota Indonesia ikut ambil bagian dalam pameran lingkungan hidup Eco Products International Fair 2010. Sebuah pameran bertaraf Internasional terbesar di Asia yang digelar di Jakarta Convention Center 4-7 Maret 2010.

Pada pameran ini, Toyota menampilkan 2 booth yang pada hari pembukaan sempat dikunjungi oleh Menakertrans Muhaimin Iskandar didampingi oleh Benny Redjo Setyono Direktur PT. Toyota-Astra Motor (TAM) bersama dengan Toshihiro Yokoi Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Di booth ini, Toyota menampilkan display produk Kijang Innova yang menggunakan suku cadang ramah lingkungan berbahan serat tumbuhan kenaf lengkap dengan berbagai panel informasi yang berisi penjelasan bahan, proses pembuatan produk dengan bahan ramah lingkungan tersebut dan juga berbagai aktivitas lingkungan Toyota.

Selain itu, Toyota juga memajang alat dan program yang dibuat oleh anak-anak SMA peserta kontes Toyota Eco Youth dari berbagai kota di Indonesia. Toyota Eco Youth sendiri tahun ini telah memasuki tahun kelima. Di tahun kelima ini, program Toyota Eco Youth (TEY) memfokuskan pada kontes Sustainability atau kontes keberlanjutan. Kontes ini melibatkan 22 sekolah yang tersebar di 18 kota dari Sabang hingga Merauke.

Semakin istimewa, TEY-5 memasukkan satu lagi unsur yang dapat menjadi nilai tambah bagi programnya, yaitu pendekatan sains dan teknologi. Unsur yang satu ini mewajibkan para peserta untuk dapat menerapkan teknologi tepat-guna ramah lingkungan (green sound technology) yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan lingkungan di sekitar sekolah. Program Toyota Eco Youth memiliki tujuan akhir yaitu menciptakan Sekolah Berwawasan Lingkungan Binaan Toyota yang kelak menjadi percontohan bagi masyarakat yang ingin mempelajari proyek-proyek praktis pengelolaan lingkungan.

"Isu pemanasan global telah menjadi telah perhatian Toyota selama ini. Kami tergerak untuk turut ambil bagian dalam upaya mencegah pemanasan global melalui program kontes peningkatan kesadaran lingkungan melalui generasi muda sebagai agen lingkungan hidup, menuju Indonesia dan bumi yang lebih hijau". ujar Benny Redjo Setyono yang didampingi oleh Toshihiro Yokoi.

Berkerja sama dengan yayasan Kirai Indonesia untuk menangani bidang lingkungan hidup dan juga Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menangani bidang teknologi berbasis lingkungan, kontes yang memperebutkan hadiah total lebih dari 200 juta rupiah ini telah melalui berbagai tahap, seperti pengumpulan data, mentoring dan juga penjurian.

Pameran dan pengumuman pemenang diadakan bersamaan dengan Eco Products International Fair 2010 pada 7 Maret 2010 bertempat di Jakarta Convention Center.

Komentar