All New Vios CKD Mulai Dirakit November 2013

All New Vios CKD Dirakit November 2013
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) selaku anak usaha dari Toyota Motor Corporation di Indonesia, akan segera mempublikasikan perakitan All New Vios di pabrik Karawang, Jawa Barat, November 2013. Persiapan untuk mendukung rencana tersebut, berupa pembangunan pabrik mesin baru - salah satunya untuk sedan dengan kapasitas produksi 216.000 unit -  sudah berjalan. Hal ini diakui oleh Wakil Presiden Direktur TMMIN, Johnny Darmawan ketika di konfirmasi oleh salah satu portal otomotif ternama di tanah air beberapa waktu lalu.

Produksi baru ini merupakan bagian dari komitmen investasi Toyota senilai Rp 26 triliun yang sudah diumumkan tahun lalu langsung oleh Presiden TMC, Akio Toyoda. Dana tahap pertama sudah dikucurkan Rp 13 triliun untuk mendirikan pabrik Karawang II berkapasitas 110.000 unit dengan target produksi akhir tahun ini. Pabrik Karawang I juga sudah mengalami penambahan produksi menjadi 140.000 unit, sehingga total kapasitas Toyota mencapai 250.000 unit per tahun. "Investasinya sudah diumumkan sebelumnya, itu termasuk," imbuh Johnny.

Menurut sumber Toyota yang mengetahui rencana ini, Indonesia akan berbagi produksi Vios dengan Thailand yang selama ini dilakukan di negeri 1000 Pagoda. Selain untuk mengisi pasar domestik, Vios rakitan Indonesia juga akan di ekspor ke beberapa negara. "Negaranya belum ditentukan, tapi produksi di Karawang lebih banyak untuk memenuhi permintaan Limo (taksi)," ujar sumber tersebut.

Setiap bulan TMMIN akan merakit sekitar 1.500an unit Vios, dengan kontribusi terbanyak Limo sampai 66 persen atau 1.000 unit. Selama ini, Toyota Indonesia selalu kekurangan pasokan Limo dari Thailand, padahal permintaannya sudah menumpuk. Dengan keputusan ini, perusahaan taksi di Indonesia diharapkan tidak akan berpaling ke model lain karena tidak ada barang.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;