Tips Mengatasi Aki Soak

Aki merupakan komponen penting pada mobil anda. Anda harus selalu memastikan bahwa aki di mobil anda berfungsi dengan baik. Banyak orang yang mengalami masalah karena aki mereka mati atau soak. Anda tidak perlu buru-buru membawanya ke bengkel karena ada cara yang lebih mudah untuk mengecek atau memeriksa aki anda terlebih dahulu di rumah anda saja. Berikut ini adalah cara yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki dan mengatasi aki soak pada mobil Toyota anda.

Cara mudah mengatasi aki soak  :
  1. Sediakan terlebih dahulu air yang sedikit panas atau hangat. Kemudian, anda bisa membuka penutup aki pada mobil anda. Buanglah semua isinya. Anda harus berhati-hati dalam membuang isinya karena aki sangat keras bagi kulit kita. Oleh karena itu, pastikan jika kulit anda tidak terkena cairan aki.
  2. Setelah isinya kosong, anda bisa memasukkan air hangat tersebut ke dalam tempat aki. Isikan setengah air hangat saja dan tidak perlu terlalu banyak. Lalu anda bisa menutup kembali tempat aki tersebut dan mengembalikan ke kondisi semula.
  3. Pastikan bahwa semuanya rapat. Anda bisa mulai mengocok-ngocok aki tersebut hingga semua air yang ada dalam tempat aki tersebut berwarna hitam. Apa tujuan dari pengocokan air hangat dalam tempat aki ini? Tujuannya adalah untuk membuang sisa-sisa reaksi yang ada di dalam tempat aki atau yang menempel pada dasar tempat aki. Ini juga bisa berguna untuk menghidupkan kembali aki yang yang sedang mati suri.
  4. Jika air dalam aki sudah berubah warna, anda bisa membuang air hitam pekat tersebut terlebih dahulu kemudian mengulang mengisi air hangat lagi kemudian mengocok-ngocok lagi hingga air dalam aki tersebut tidak lagi berwarna hitam atau aki tanpa endapan.
  5. Jika anda sudah tidak mendapati air keruh atau hitam dari dalam aki tersebut, anda bisa memasukkan air aki jenis Zuur ke dalam tempat aki tersebut. Anda bisa memasang aki tersebut kembali ke mobil anda dan anda harus mendiamkannya terlebih dahulu.
Jangan menstater mobil anda terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu untuk mengisi arus listrik pada aki mobil anda. Anda tidak perlu lagi pergi ke bengkel jika aki anda sudah berfungsi kembali. Cara tersebut diatas bisa membuat anda lebih menghemat uang untuk membayar penggantian aki. Banyak bengkel yang menyarankan agar anda mengganti aki padahal aki yang ada masih bisa digunakan. Ini tentu merugikan anda.

Sebaiknya anda melakukan tips diatas terlebih dahulu. Apabila cara diatas tidak berhasil maka anda bisa membawanya ke bengkel agar anda segera mendapat solusi terbaik dan bisa menggunakan mobil anda kembali dan bepergian ke semua tempat yang anda mau.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;

Komentar