Pasang Perangkat Pengaman Mobil

Mobil merupakan barang berharga bagi banyak orang tidak hanya sebagai alat pendukung transportasi sehari-hari, mobil juga berharga karena harganya yang cukup mahal. Bahkan mobil bekas pun mempunyai harga jual yang cukup tinggi mengingat minat masyarakat yang cukup tinggi terhadap kendaraan pribadi.

Dengan nilai mobil yang cukup tinggi, tidak bisa dipungkiri bahwa kasus pencurian mobil acapkali ditemukan di berbagai tempat di Indonesia termasuk di ibukota yang mencapai 1.538 kasus pada tahun 2010. Di satu sisi, pencuri mobil kian lihai dengan keahlian mereka membobol mobil, dan di sisi lain ada pemilik mobil yang pasti akan merasa kecewa luar biasa jika ternyata mereka kehilangan mobil akibat keahlian si pencuri.

Oleh karena itu, pemilik mobil harus selangkah lebih maju dalam hal pengamanan mobil dari para pencuri. Ada beberapa perangkat pengaman mobil tambahan yang cukup umum digunakan dan terbukti efektif untuk mencegah tangan-tangan usil yang ingin mencuri mobil tersebut.

Kunci Setir
Semacam batangan baja yang dipasangkan pada roda kendali mobil sehingga setir mobil tidak bisa digerakkan lagi. Dengan memasang alat ini, bisa saja pencuri mobil masuk dan menyalakan mesin mobil. Mobil bisa tetap berjalan, tetapi dengan kunci setir yang terpasang, mobil tersebut tidak mungkin bisa dibelokkan sehingga mobil yang dicuri tidak akan pergi terlalu jauh. Namun, jenis pengamanan ini mempunyai kelemahan, yaitu dengan tidak mencegah pencuri memasuki mobil sehingga bisa jadi mobil tersebut tidak bisa dicuri, tetapi benda berharga yang ada di dalam mobil bisa amblas dibawa pencuri.

Alarm Mobil
Alarm merupakan perangkat anti maling yang sangat umum digunakan baik untuk tempat tinggal maupun mobil. Sistem alarm yang dipasang pada mobil akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras apabila ada deteksi upaya membobol pintu atau jendela mobil secara paksa, bahkan gerakan tidak wajar di sekitar mobil bisa pula mengaktifkan bunyi alarm yang terpasang pada mobil tersebut. Akan tetapi, seringnya alarm berbunyi dengan alasan yang tidak jelas membuatnya banyak orang menjadi kurang peduli dengan alarm mobil yang menyala.

Immobilizer
Kunci setir dan alarm mempunyai fungsi yang kurang efisien di beberapa aspek sehingga jenis perangkat anti maling dengan efektivitas yang lebih tinggi seperti immobilizer menjadi pilihan dan bahkan sudah dijadikan standar keamanan pada beberapa jenis mobil keluaran baru. Cara kerja perangkat ini berkaitan dengan kode yang ada dalam kunci yang benar dengan kode yang ada dalam ECU atau Electronic Control Unit dalam mobil. Transmisi kode yang tidak sesuai membuat mesin mobil tidak bisa dihidupkan.

Sistem Pelacakan GPS
Sistem ini merupakan cara yang paling canggih dalam upaya pengamanan mobil karena mobil yang bisa terlanjur dibawa lari oleh pencuri bisa terlacak keberadaannya jika pada mobil tersebut terpasang sistem pelacakan GPS. Tekonologi GPS terbaru bahkan bisa membuat mesin mobil dimatikan dari jarak yang cukup jauh.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan, dengan klik link di bawah ini;

Komentar