Tips Perawatan AC pada Mobil Sedan

tips perawatan AC mobil sedan
Air conditioning/AC pada mobil khususnya pada mobil sedan mempunyai peran yang cukup penting untuk melancarkan sirkulasi udara pada mobil. Jika sirkulasi udara dalam mobil lancar, maka penumpang dan pengemudi mobil pastinya akan merasa nyaman. Jika sudah merasa nyaman, berkendara  bersama keluarga pun akan lebih menyenangkan.

Berikut terdapat beberapa tips perawatan AC mobil sedan:
  • Menjaga kebersihan kabin dari kotoran dan debu yang menempel pada kabin mobil, khususnya pada karpet mobil yang sangat rawan terkena debu. Debu yang menempel pada karpet akan terserap oleh evaporator AC mobil. Jika debu atau kotoran terserap ke dalam evaporator, maka evaporator akan rawan lembab, sehingga jamur akan mudah berkembang. Jika spora atau jamur berkembang di dalam evaporator, maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Efek negative dari adanya debu yang menempel pada evaporator AC mobil adalah debu akan menimbulkan bau yang tidak sedap ketika AC mobil pertama kali dihidupkan.
  • Membuka kap mesin mobil saat anda akan mencuci mobil anda. semprotkan air yang kencang pada condensator AC yang biasanya terletak di depan radiator. Dengan menyemprotkan air yang kencang pada kondensator AC maka debu dan kotoran akan hilang dan bersih. Jika anda membiarkan debu atau kotoran tetap menempel pada kondensator dan evaporator AC maka kedua komponen AC mobil tersebut akan rawan terkena korosi dan akan menyebabkan kebocoran pada bagian kondensator AC.
  • Memarkir mobil di tempat yang teduh jika akan diparkir cukup lama karena ketika anda memasuki mobil, anda akan merasakan hawa ruangan yang cukup panas, sehingga anda akan segera menyalakan AC dengan kekuatan besar. Dengan kata lain, proses pendinginan ruangan akan berlangsung lama dan ketika mobil dijalankan, beban pendinginan ruangan pun akan semakin besar.
  • Memeriksa kipas/ Extra Fan pada bagian depan comdensator AC apakah ikut berputar pada saat AC mobil dinyalakan atau tidak. Jika anda menjumpai Extra Fan anda tidak berputar pada saat AC sedang dinyalakan, sebaiknya anda ganti dengan Extra Fan yang baru karena Extra Fan yang tidak berputar akan menyebabkan compressor menjadi rusak dan bisa meledak karena adanya tekanan yang tinggi pada selang compressor.
  • Tidak merokok pada kabin mobil yang sedang dinyalakan AC-nya. Selain dapat menyebabkan bau yang tidak sedap, nikotin pada rokok akan menempel pada evaporator sehingga evaporator akan berlendir dan lembab. Akibatnya, jika evaporator sudah berlendir, anda akan sulit membersihkannya.
  • Menghindari menyalakan AC dalam kekuatan yang penuh pada saat mobil sedang melaju kencang dengan cara menurunkan temperatur minimumnya karena akan memberatkan kinerja AC mobil. Akibatnya AC mobil anda akan cepat rusak.
  • Jika ingin mempunyai AC yang stabil dan awet, sebaiknya matikan AC terlebih dahulu sebelum mesin mobil dimatikan.
  • Jika anda suka memakai pengharum ruangan mobil, sebaiknya pilih pengharum ruangan mobil yang bermutu baik, mutu yang kurang baik akan meninggalkan bau yang tidak sedap pada AC dan akan sulit untuk dibersihkan.
  • Jika anda menemukan beberapa kerusakan pada komponen-komponen AC, anda bisa membawa mobil anda pada ahli reparasi AC. Jika perlu, periksa rutin kondisi AC dan ganti komponennya jika sudah tidak optimal lagi fungsinya.
Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;

Komentar

sewa ac mengatakan…
Terimkasih atas tips-tips nih gan, sangat bermnfaat :)