7 Kelebihan Toyota Calya

Toyota Calya dan Daihatsu Sigra merupakan mobil yang fenomenal sekaligus memperluas market yang selama ini hanya dihuni oleh Datsun GO+ Panca. Kiranya apa yang menjadi nilai lebih dan minus dari hasil review kami terhadap Toyota Calya yang baru saja diperkenalkan Selasa, 3 Agustus kemarin? Simak artikel ini, karena kami sudah ringkas kelebihan dan kekurangan Toyota Calya

Kelebihan Toyota Calya

1. Lega
Jika dibandingkan dengan Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga, mobil ini memang terasa sempit.
Interior Toyota Calya


Namun jika dibandingkan dengan yang sekelasnya, mobil jauh lebih lega dibandinkan dengan Datsun GO+ Panca. Mulai dari kursi baris kedua, ketiga, kelegaannya jauh dibandingkan sang pionir LCGC dengan kursi tiga baris

2. Fitur Lengkap
Dengan banderol harga kurang dari 150 juta, untuk varian tertinggi mobil ini memiliki fitur fitur kenyamanan yang cukup lengkap.
Power charging station Toyota Calya port charger hp

Contohnya mulai dari power window di keempat pintu yang bisa dikendalikan semuanya dari pintu pengemudi (tidam seperti Datsun GO yang terpisah), electric mirror, head unit 4 speaker dengan USB, AUX dan Bluetooth connectivity, MID, Eco Mode, Fog Lamp dan wiper belakang.

3. Harga Murah
Toyota Calya dijual mulai dari 130an juta hingga 149 juta Rupiah, terpaut nyaris lebih dari 60 juta Rupiah perbedaan harganya dengan Toyota Avanza G AT.

Harga Toyota Calya tipe G

Sehingga jika anda terlalu berat untuk menebus mobil dengan harga sekelas Avanza, mobil ini bisa menjadi penawar untuk dompet anda

4. Air Circulator
Mungkin anda lucu ketika mendengar kata Kipas Angin yang sering kami ucapkan ketika menjelaskan tentang Air Circulator.
Rear air circulator Toyota Calya AC belakang

Tapi memang mobil ini tidak dilengkapi dengan AC double blower dan menggantinya dengan air circulator agar baris kedua dan ketiga tetap mendapatkan udara segar. Alasan Toyota tidak memberikan double blower dikarenakan takut mengurangi performa mesinnya yang terbatas karena 1.200 cc, at least ada usaha dibanding Datsun GO+ Panca.

5. Praktis
Hal yang paling berkesan mobil ini ada pada kepraktisannya yang bagus sekali, hal hal kecil yang membantu kepraktisan di mobil ini tidak dikurangi oleh Toyota.

Seperti one touch tumble, kursi tengah dengan sliding, kursi belakang yang dapat dilipat dengan mudah dan sabuk pengaman tengah yang bisa ditarik dengan mudah dari atas meskipun mengganggu pemandangan kursi belakang. Hal ini patut diacungi jempol.

6. Fitur Safety Bagus
Mobil ini punya harga yang murah, tapi fitur keselamatannya tidak majn main, bahkan sama seperti Toyota Fortuner sekalipun. Yap, Toyota Calya sudah memiliki dua buah airbags, rem ABS, rem depan cakram, kursi ISOFIX, side impact beam, immobilizer dan 7 buah seatbelt. Hanya kalah 1 buah airbags saja dibanding Fortuner yang harganya 3-4 kali lipat Calya.

7. Bagasi Cukup Lega dan Mudah
Mengingat bagasi Datsun GO+ Panca yang bisa dibilang tidak ada bagasi sama sekali, Toyota Calya justru sebaliknya, ia cukup lega, bisa menampung 3 buah galon dan 1 tas kecil sekaligus. Ditanbah jika kursi dilipat, ia bisa menjadi sangat lega. Hal yang kami suka ada pada door handle pintu belakang yang biasa absen pada mobil mobil murah.