Tips Membersihkan Kampas Rem

Kampas rem merupakan komponen penting bagi mobil anda. Anda sebaiknya tahu bagaimana menjaga dan merawat kampas rem mobil anda. Kampas rem harus selalu dibersihkan agar tidak kotor dan tidak mengganggu performa mobil anda. Berikut ini ada beberapa tips yang benar dalam membersihkan kampas rem pada mobil anda. Karena itu sebaiknya anda mengikuti cara-cara berikut dari pertama hingga akhir agar hasilnya lebih baik.

Terkadang kita sering mendapati suara yang muncul dari rem tromol mobil Toyota kita. Hal ini sering muncul terlebih ketika musim penghujan datang. Apakah ini tanda bahwa rem anda minta diganti? Anda tidak perlu buru-buru menggantinya karena anda bisa memulai membersihkan kampas rem terlebih dahulu dan kini bisa dilakukan dengan tangan anda sendiri dan dari rumah anda saja.

Pertama, anda harus memastikan mobil anda terlebih dahulu berada pada posisi dengan jarak tengah agar roda bagian belakang mobil anda bisa bergerak dengan leluasa. Hal ini adalah cara pertama mengamati kondisi kampas rem anda.

Kedua, anda harus segera menyiapkan alat-alat untuk membuka bagian kampas rem anda terlebih dahulu seperti; kunci 19, atau anda bisa juga menggunakan kunci Inggris, Kunci 10 sampai 12, amplas kasar serta wadah yang cukup besar.

Ketiga, anda bisa mulai mengendorkan indikator. Anda tidak perlu mengendorkan sepenuhnya. Kendorkan sebagian saja agar anda mudah membuka bagiannya. Anda kemudian bisa membuka mur dan baut pada penahan rem dan anda sebaiknya menggunakan kunci nomor 12.

Keempat, anda bisa melepaskan pengaitnya dan gunakan cara seperti biasa yaitu menginjak rem dan kemudian melepaskannya pelan-pelan. Untuk membuka murnya anda bisa menggunakan kunci nomor 19. Langkah selanjutnya anda bisa menarik as dari roda bagian belakang hingga keluar. 

Kelima, anda haus memukul perlahan spacer yang ada di sebelah kanan roda kendaraan anda dan setelah roda lepas, anda bisa mengambil kampas yang ada di dalam bagian tersebut. Gunakan amplas kasar untuk membersihkan dan bersihkan hingga bagian yang mengkilap menjadi hilang. Setelah semuanya bersih, anda bisa mengembalikan semua bagian dengan prosedur yang baik. Pasangkan kampasnya lagi serta memasang roda secara bersamaan dengan spacer. Anda bisa memasang kembali as ke roda mobil anda dan bisa menentukan kekencangan rantai yang sesuai dengan indikator. Jangan lupa memasang mur dan baut dengan kencang.

Dengan selalu membersihkan kampas rem secara teratur, anda bisa memaksimalkan mobil anda dan juga menghindarkan dari hal-hal yang buruk. Perawatan di musim penghujan sangat penting. Anda juga harus membersihkan dan memeriksa bagian-bagian motor yang lainnya untuk memastikan mobil anda prima saat melaju di jalanan. Jika anda ragu untuk membersihkan kampas rem dengan tangan anda sendiri, anda bisa membawa mobil anda ke bengkel Toyota terdekat di kota anda.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;

Komentar