Toyota Hilux : Bukti Ketangguhan Hilux Di Kutub Utara

Harga Hilux 2010Tak hanya tampil di kejuaraan Rally Dakar yang kering dan gersang, Toyota Hilux juga mampu melewati tantangan alam yang lain. Di awal 2010 ini, Toyota Hilux baru saja menyelesaikan tantangan terberatnya, yakni menundukkan kawasan paling ekstrim di dunia, yaitu Magnetic North Pole atau pusat medan magnet di bumi bagian paling Utara (Arctic).

Selama ini belum ada jenis mobil penumpang yang dibawa ke wilayah tersebut. Namun melalui tangan Jeremy Clarkson, reporter acara televisi Top Gear yang disiarkan BBC di seluruh dunia, Toyota Hilux mencatatkan diri sebagai kendaraan pertama yang mencapai pusat medan magnet tersebut.

Sebelum melakukan perjalanan menuju salah satu tempat terdingin di dunia itu, Toyota Hilux yang dinaiki Clarkson telah dimodifikasi sedemikian rupa oleh Arctic Trucks. Perusahaan modifikasi ini telah menjadi rekanan kerja dari Toyota Iceland sejak 1990.

Reputasinya memodifikasi double cabin berpenggerak 4WD sudah tak diragukan lagi. Toyota Hilux bermesin 3.0 D-4D, yang juga telah dipasarkan di Indonesia itu akhirnya mampu mengatasi suhu udara dingin hingga 10 derajat Celcius di bawah nol (sekitar 50 derajat Fahreinheit).

Yang mengagumkan dalam ekspedisi menuju pusat magnet bumi ini, tim sama sekali tak menggunakan panduan rute, seperti mengikuti arah jalan yang sudah ada. Justru tim bersama Toyota Hilux ini harus membuat dan menentukan rute sendiri, mengingat tantangan kali ini adalah perjalanan pertama via darat dengan menggunakan mobil.

Berkat ekspedisi perdana via darat dengan menaiki Toyota Hilux, akhirnya sekarang telah ada jalur darat menuju medan magnet bumi yang bisa diikuti oleh kendaraan lain.

Sekadar catatan tambahan, The National Geomagnetic Program of Geological Survey of Canada, sejenis badan monitoring medan magnet bumi Kanada menjelaskan bahwa medan lingkaran magnet bumi ini tiap hari selalu mengalami pergeseran. Sehari bisa mencapai sejauh 80 kilometer dari titik pusat medan magnet bumi, sementara setahun berkisar 40 kilometer.

Terlalu menantangnya kawasan medan magnet Utara di bumi inilah, akhirnya Toyota Hilux pun menjadi saksi jutaan pasang mata di televisi. Sekali lagi Toyota Hilux memenangkan perlombaan menuju lokasi paling Utara di bumi.

Komentar

Toyota mengatakan…
Hilux kerwn tanguh dan moderwn