Toyota Fortuner : Geliat Sang Raja – Tetap Menjadi Investasi Yang Menarik

Toyota Fortuner : Geliat Sang Raja – Tetap Menjadi Investasi Yang MenarikKiprah Ford Everest dan Mitsubishi Pajero Sport rupanya membuat Toyota Fortuner kegerahan. Sebagai pemimpin pasar di segmen medium SUV, Fortuner belum merilis transmisi otomatis untuk versi dieselnya sejak diniagakan di Indonesia pada 2005. Yang bertransmisi otomatis hanya versi bensinnya.

Sementara Pajero Sport bermesin diesel langsung menawarkan transmisi otomatis cerdik INVECS II dengan Sport Mode begitu masuk pasar lewat IIMS, Juli 2009. Everest pun telah lebih dulu menyiapkan transmisi otomatis untuk versi dieselnya. Alhasil, juga memanfaatkan momentum IIMS 2009, Fortuner menjual varian bertransmisi otomatis untuk versi dieselnya.

Intinya, Fortuner ingin mengakomodir keinginan konsumen yang ingin 'mobil irit dengan transmisi nyaman di kemacetan kota, sekaligus tampil gagah'. Sebagai SUV kota, Fortuner diesel di Indonesia hanya disediakan dalam penggerak 4x2. Namun, karena roda penggeraknya di belakang (rear wheel drive), maka Fortuner masih mau dibawa ke medan off-road ringan atau tanjakan curam di jalanan aspal luar kota.

Memboyong Fortuner diesel AT perlu biaya Rp 370,7 juta. Adapun untuk meminang Pajero Sport 4x2, ongkosnya lebih murah Rp 700 ribu. Sedangkan Everest XLT ditawarkan lebih lebih murah Rp 32,7 juta ketimbang Fortuner.

Tak ada penyempurnaan pada mesin turbo D-4D berkode 2KD-FTV dan masih menjadi jantung pacu kepercayaan Fortuner diesel ini. Performa yang disodorkan Fortuner memang tak seberingas Pajero Sport (136 hp dan 314 Nm) ataupun Everest (143 hp dan 330 Nm) yang tergolong akseleratif di kelasnya. Namun, Fortuner diesel AT tak sungkan diajak mengembangkan kecepatan, terutama di kecepatan setelah 100 kpj, mengingat perbandingan gigi transmisi pada gear empat memakai jumlah yang lebih kecil (0,705), sama dengan milik Toyota Kijang diesel.

Sedangkan gear satu sampai tiga serupa milik Fortuner bensin. Transmisi otomatis berfitur ECT (Electronic Controled Transmission) milik Fortuner memang bekerja cukup baik untuk melesat, dan kami mudah menuju 140 kpj di jalur bebas hambatan. Sedangkan di tengah kota, transmisi otomatis Fortuner terbilang cerdas dan tepat, mau diajak merayap, sekaligus menghentak bila diperlukan.

PENDAPAT KAMI
SUV dengan penampilan dan citra yang selalu menarik.
**** (4 Bintang)
KEUNGGULAN
- Resale value
- KualitasKabin
- Tampilan

Komentar