Mempersiapkan Mobil Sebelum Keluar Kota

Bepergian keluar kota memang bisa menjadi satu hal yang menarik untuk dilakukan, apa lagi jika anda memutuskan untuk road trip bersama dengan orang-orang terdekat anda.

Sebelum bepergian dengan mobil, anda sebaiknya memperhatikan beberapa hal yang akan sangat membantu anda dalam melancarkan perjalanan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan sebelum anda memulai perjalanan anda dengan mobil pribadi.
  1. Hal pertama yang perlu anda perhatikan adalah memeriksa kondisi mobil anda. Jangan lupa untuk menyiapkan tools mobil saat keluar kota. Siapkan juga beberapa peralatan lain yang mendukung kelancaran perjalanan anda.
  2. Periksa air radiator dan terminal baterai dengan ketinggian elektrolit yang ditunjukkan. Pastikan semuanya normal dan anda siap untuk melanjutkan perjalanan. Periksa air radiator agar ketinggiannya tetap terjaga. Jangan sampai air pendingin pada tangki cadangan habis. Isi kembali sampai penuh jika anda merasa perlu. Periksa ketinggian air. Jangan sampai melebihi garis low.
  3. Periksa air pembersih kaca mobil. Anda perlu memastikan bahwa air pembersih kaca pada mobil anda sudah penuh. Jangan membiarkan air pada bagian ini kosong karena jika kaca depan mobil anda terlalu berdebu, anda akan membutuhkan air ini untuk membersihkannya.
  4. Periksa rem. Pastikan semua berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala satu apa pun. Selain itu, periksa juga volume minyak rem dan kopling. Anda sebaiknya juga memeriksa master rem dan master kopling untuk memastikan keduanya bekerja sebagaimana mestinya. Perhatikan ketinggian minyak agar tetap berada pada posisi max. Jangan sampai anda mendapati posisi ketinggian minyak ada pada posisi di bawah min.
  5. Priksa minya power steering. Pastikan minyak power steering pada posisi cold dan permukaan minyak pada garis hot. Jika tidak, isilah minyak secara perlahan-lahan dengan merk minyak yang direkomendasikan oleh produsen mobil.
  6. Periksa volume oli mesin. Pastikan semuanya normal dan jika kekurangan oli, isi kembali dan pastikan semuanya bekerja dengan lancar.
  7. Periksa kinerja lampu mobil anda. Pastikan semua lampu depan, lampu belakang, dan lampu sign bekerja dengan sempurna. Jika lampu sign anda berkedip lebih cepat, sebaiknya anda memeriksanya kembali karena hal ini bisa menunjukkan kesalahan saklar ketika diaktifkan.
  8. Bawalah air bersih cadangan jika sewaktu-waktu anda kekurangan air radiator dan anda kesulitan mencari air bersih. Air bersih dari rumah akan selalu membantu.
  9. Periksa kondisi ban dengan mengecek tekanan angin dan permukaan ban. Jangan biarkan permukaan ban anda sudah aus. Segera ganti jika permukaannya sudah menipis.
  10. Terakhir, periksa suara mesin mobil anda. Pastikan semua terdengar normal. Jika anda mendengar ada suara aneh, anda sebaiknya memeriksakannya pada bengkel mobil langganan anda. Jika anda memiliki waktu, periksalah kembali penyebab munculnya suara aneh tersebut.
Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;

Komentar