Toyota C-HR VS Honda HR-V: Pertarungan Dua Raksasa Otomotif Dunia di Kelas Crossover

Harga, Promo, Diskon, Spesifikasi, Ilustrasi Kredit Toyota CH-R Baru Surabaya

Harga Toyota C-HR di Surabaya - Toyota baru saja memperkenalkan mobil baru di segmen crossover pada ajang Geneva Motor Show 2016 awal bulan Maret lalu. Boleh dibilang, kemunculan mobil bernama Toyota C-HR ini agak sedikit telat, mengingat segmen crossover telah ramai diisi oleh para kompetitor seperti Honda HR-V, Nissan Juke, Chevrolet Trax, Mazda CX-3, Renault Duster maupun Ford Ecosport. Munculnya Toyota C-HR seakan menjadi angin segar bagi mereka yang menggemari kendaraan jenis crossover dengan desain yang keren, out of the box tapi tidak berkesan ‘maksa’, karena jujur saja tampilan dari Toyota C-HR ini meskipun cukup kontroversial namun tetap terlihat bagus.

Sebagai dua raksasa otomotif dari negara yang sama, sudah bukan rahasia lagi jika persaingan Honda dan Toyota sudah seperti Mercedes-Benz dengan BMW. Kedua pabrikan tersebut belakangan ini terlihat makin gencar menambah lini mobilnya di pasaran. Keduanya seakan tidak rela membiarkan ada celah kosong pada setiap segmen kendaraan, mulai dari sedan, MPV, SUV maupun crossover. Kemunculan Toyota C-HR sebagai wakil dari kategori terakhir, akhirnya membuat kedua pabrikan asal Jepang ini akan bersaing secara head to head setelah sebelumnya Toyota belum mempunyai lawan sepadan untuk menjegal keberadaan Honda HR-V.

Toyota New Global Architecture VS Honda Dynamic Cross Solid

Toyota C-HR dirancang dengan menggunakan platform modular Toyota New Global Architecture (TNGA) yang pertama diperkenalkan dan digunakan oleh Toyota Prius terbaru. Semantara pada Honda HR-V, konsep desainnya adalah Dynamic Cross Solid dimana konsep tersebut menampilkan unsur desain mobil yang sporty, solid, kokoh dan berkarakter modern. Kedua mobil ini menampilkan desain yang sama menariknya, meskipun harus diakui, Toyota lebih berani dalam desainnya.

Melihat spesifikasi dimensinya, Toyota C-HR terlihat lebih panjang dan lebih lebar. Namun yang perlu dicatat adalah desain bagian belakang mobil ini akan mengingatkan kita pada bagian belakang Nissan Juke yang sempit. Apakah hal ini berlaku juga pada Toyota C-HR?

Mengenai hal ini, pihak Toyota menyatakan bahwa 2nd row pada C-HR masih layak untuk memberikan akomodasi penumpang yang nyaman. Kita buktikan saja nanti jika mobil ini telah diproduksi massal.

Toyota C-HR VS Honda HR-V: Pertarungan Dua Raksasa Otomotif Dunia di Kelas Crossover

Pilihan Mesin C-HR Lebih Beragam, HR-V Cenderung Main Aman

Saat diperkenalkan di Geneva Motor Show 2016, versi produksi dari Toyota C-HR ditawarkan dalam 3 pilihan mesin, yakni mesin hybrid 1.800 cc, mesin 1.200 cc turbo yang juga digunakan oleh Toyota Auris hatchback dan mesin 2.000 cc naturally aspirated yang hanya akan ditawarkan ke beberapa negara tertentu saja. Sedangkan untuk Honda HR-V pasar Indonesia, saat ini ditawarkan dalam 2 pilihan mesin, yakni 1.500 cc dan 1.800 cc. Untuk versi 1.800 cc, HR-V berbagi mesin dengan Honda Civic namun dengan besaran tenaga yang lebih kecil.

Melihat spesifikasi mesin tersebut, Toyota C-HR nampak memberikan opsi yang lebih beragam dan sanggup melawan merek apapun di kelas crossover. Jika mobil ini masuk ke pasar Indonesia, pilihan mesin yang ada saat ini kami rasa masih masuk akal, kecuali untuk mesin 1.800 cc hybrid-nya yang pasti akan melambungkan harga mobil ini karena dianggap menggunakan dua mesin dan mengakibatkannya terkena pajak ganda. Terlepas dari itu, mungkin Toyota akan memberikan pilihan mesin yang lebih kompetitif untuk pasar Indonesia jika ingin bersaing dengan Honda HR-V yang pilihan mesinnya cenderung ‘aman’.

Adu Fitur Unggulan: Toyota C-HR VS Honda HR-V

Untuk urusan keamanan, Toyota CHR dilengkapi dengan pre-collision system, lane departure warning, road sign assist, automatic headlights, pedestrian detection dan adaptive cruise control. Sedangkan pada Honda HR-V, terdapat Vehicle Stability Assist (VSA) + Motion Adaptive EPS, electronic parking brake with auto brake hold, hill start assist, cruise control dan sistem pengereman dengan ABS+EBD+BA.

Melihat perbandingan keduanya, masing-masing tentu memiliki keunggulannya sendiri. Berhubung Honda HR-V yang kami perbandingkan di sini menggunakan spesifikasi Indonesia, maka kami tidak mencantumkan fitur semacam Honda Lane Watch dan multi-angle rear view camera yang menjadi fitur di HR-V versi luar negeri.

Untuk fitur yang hadir pada Toyota C-HR pun kami masih ragu bahwa itu adalah fitur final. Apalagi jika mobil ini masuk ke Indonesia, kami rasa Anda sudah bisa menduga-duga apa saja yang akan hilang dari Toyota C-HR bukan?

Kesimpulan

Kedua raksasa Jepang ini memang tak mau kalah dalam hal inovasi. Khusus untuk segmen crossover, Toyota sempat sesumbar bahwa C-HR merupakan mobil hybrid pertama di kelas crossover. Tapi agaknya mereka lupa, bahwa Honda juga punya Vezel Hybrid (Vezel adalah nama Honda HR-V untuk beberapa negara lain) untuk kelas serupa, meskipun ditawarkan dalam mesin 1.500 cc hybrid.

Persaingan keduanya tentu akan makin seru. Saat ini masih belum fair jika kami membandingkan performanya, karena bagaimanapun juga Toyota C-HR meskipun sudah muncul dalam versi produksinya, namun belum dibuat secara massal. Bagaimanakah persaingan kedua mobil ini di masa mendatang menurut Anda?

*Review Ototaiment.Com

Sebagai salah satu Dealer Mobil Toyota Favorit di Surabaya, Promo Toyota Surabaya selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumennya. Yaitu, dengan cara memberikan info terperinci mengenai Mobil Toyota.

Mulai dari Harga Mobil Toyota C-HR, Spesifikasi Mobil Toyota C-HR, Perhitungan Angsuran Toyota C-HR, serta proses pembayaran/beli mobil secara Cash maupun Kredit Toyota  C-HR, serta Promo/Bonus pembelian Mobil Toyota C-HR secara terperinci agar mudah dipahami dan dimengerti oleh konsumen.

Dapatkan  juga Toyota Surabaya Service Quality :
Service Berkala, Booking Service, Toyota Home Service (THS), Aksesories, Body & Cat, Suku Cadang, Emergency Road Assistance, serta Trade In Car.

Untuk Keterangan Lebih Lanjut, mengenai Harga Toyota, Kredit Mobil Toyota, Promo Angsuran Cicilan, Konsultasi Pembelian Mobil Toyota, Booking Service, serta Info Test Drive, hubungi Layanan Kontak Kami:

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Surabaya Terima Tukar Tambah Mobil Bekas Angsuran DP Ringan Diskon Besar 
TEGUH KURNIAWAN
HP. 0822 5766 7335
WA/Line. 0822 5766 7335
Email: sales@belitoyota.com
Wechat ID: TEGUH-TOYOTA
PIN BB 51B43B35