Toyota Avanza Mampu Mempertahankan Gelar Mobil Terlarisnya

Toyota Avanza menjadi model mobil yang paling digemari masyarakat Indonesia
Sejak Toyota Avanza pertama kali diluncurkan di Indonesia, kritikan positif terus diperoleh mobil dari kelas low MPV ini. Banyak pula konsumen yang jatuh hati dan memutuskan untuk menjadikannya sebagai mobil idaman keluarga. Kualitas Avanza memang tak diragukan lagi, hal ini terbukti dengan tingkat penjualan Avanza yang tak pernah surut. Toyota Avanza pun menjadi model mobil yang paling digemari masyarakat Indonesia.

Berdasarkan data penjualan yang dilansir oleh Toyota Astra Motor (TAM), sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2003 hingga Maret 2015, Avanza telah terjual sebanyak 1.308.183 unit. Rekor penjualan ini merupakan angka yang fenomenal dan belum bisa disaingi oleh mobil merk lain yang juga diluncurkan di Indonesia. 

Menurut Widyawati, Toyota Avanza sebenarnya diciptakan bukan untuk menjadi fenomenal. “Waktu Avanza diluncurkan saya masih di divisi product planing, target penjualan Avanza itu hanya 2.500 unit per bulan. Tapi ternyata cukup sukses, selama life cycle, 10.000 unit per bulan," ungkap General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati, di Jakarta. 

Ia juga mengungkapkan bahwa pada generasi kedua Toyota Avanza, Mulai banyak pesaing yang muncul. Namun, Toyota tetap gigih ingin menargetkan penjualan sesuai pengalaman yakni sebesar 10.000 unit per bulan. Kerja keras Toyota pun terbayarkan dan hingga saat ini penjualan bulanan Toyota Avanza tak pernah di bawah 10.000 unit.

Toyota mengungkapkan bahwa penjualan Avanza pada bulan Maret ini telah mencapai 13.120 unit dengan marketshare di low MPV mencapai 52,6 persen. Angka ini tentu cukup memuaskan karena jauh melebihi target. Di samping itu, Avanza mampu menguasai marketshare pasar low MPV melebihi 50 persen. 

"Peredarannya sudah sangat banyak sekali, hingga sanggup membentuk negara sendiri, Avanzanation. Sebenarnya ini bukan Toyota yang hebat tapi konsumennya. Pengembangan Avanza selalu berdasarkan masukan konsumen, pengembangan ada di produk dan event. Sebenarnya konsumen yang hebat," tutur Widyawati dengan penuh bangga.