Memahami Kaca Anti Peluru Pada Toyota

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Termurah Surabaya
Kaca mobil memang bisa menambah penampilan serta melindungi interior mobil dari kotoran serta sinar matahari. Namun, tahukah Anda ada pula kaca mobil yang bisa melindungi pengendaranya dari peluru? Yah, kaca ini biasa disebut kaca anti peluru atau bulletproof. Kaca ini bisa dibilang cukup berbeda dengan kaca pada umumnya.

Kaca yang lebih tepat disebut dengan kaca bullet resistant ini mampu menghentikan laju peluru yang bisa menembus kaca biasa. Meski masih terkena terjangan peluru dengan disertai pecah pada permukaannya, kaca anti peluru sangat aman digunakan dari pada kaca biasa. Kaca jenis ini terbuat dari lapisan khusus polikarbonat dan juga campuran bahan lain. Bahan ini kemudian dijepit di antara potongan kaca yang sudah mengalami proses pengerasan (tempered glass). Selain itu, kaca juga dibuat berlapis-lapis dimana setiap lapisannya tediri dari kaca lalu polikarbonat dan seterusnya. Ketebalan kaca disesuaikan dengan ketahanan yang diinginkan untuk menghalau peluru. Lapisan kaca yang biasa disebut laminate ini cukup tebal dan kuat sehingga bisa menjadi kaca bullet resistant.

Saat kaca bullet resistant terkena terjangan peluru, maka energi yang dihasilkan peluru tersebut akan tersebar ke samping melalui lapisan-lapisan penyusun kaca. Laju peluru pun bisa melambat karena energi yang dimilikinya tak cukup untuk menembus atau melakukan kerusakan pada kaca. Hal ini bisa terjadi karena energi tersebut telah dibagi oleh beberapa bagian kaca yang terdiri dari plastik dan kaca. Energi tersebut meluas di area permukaan kaca dan dengan cepat diserap. Walau kaca pelapis pertama pecah saat terkena peluru, namun lapisan polikarbonat yang berada di antara kaca akan menahan peluru untuk menembus lapisan berikutnya.

Kaca bullet resistant atau anti peluru ini dibuat dalam segala bentuk serta ukuran. Untuk itulah tingkat perlindungan yang mampu diberikannya juga cukup berbeda. Tempat yang biasa menggunakan kaca jenis ini adalah bank, toko perhiasan dan tempat penukaran uang. Kaca anti peluru juga biasa dipasang pada kendaraan tempur dan mobil VVIP yang biasa digunakan oleh pejabat atau pebisnis sukses. 

Biasanya kaca anti peluru memiliki ketebalan antara 22mm sampai dengan 40 mm dan bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Masalah utama dari kaca ini adalah beratnya yang bisa mempengaruhi performa mobil Toyota. Sedangkan masalah kejernihan kaca bisa diatasi dengan perkembangan teknologi terkini yang sudah canggih.