Selamat datang di BLOG WIRANIAGA TOYOTA Surabaya

Komitmen kami: memberikan pelayanan terbaik untuk Anda, proses kredit cepat & mudah, bunga kompetitif, banyak bonus, delivery tepat waktu

Cover Area seluruh Jawa Timur: Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Pasuruan, Pandaan, Malang, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Madura, Banyuwangi, Blitar, Bondowoso, Jember, Kediri, Lumajang, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Ponorogo, Probolinggo, Situbondo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kertosono, Madiun

Pemesanan Mobil Toyota Baru Silahkan Hubungi :
TEGUH KURNIAWAN
HP. 0822-5766-7335
whatsapp/line. 0822-5766-7335
Email: sales@belitoyota.com
Wechat ID: TEGUH-TOYOTA
PIN BB 51B43B35

Home » » Innova : Tembus 1:12, 23 Dalam Kota

Innova : Tembus 1:12, 23 Dalam Kota

Innova Irit BBMKetika Hery Sembodo mampu mengemudikan Kijang Innova dengan konsumsi bahan bakar 1:15 lebih untuk luar kota, Kompas.com menanyakan, berapa konsumi dalam kota? "Rata-rata sekitar 1:10, 1:11 lah," ujar Hery.

Jawaban anggota Innova Community itu bikin penasaran Kompas.com, bisa atau enggak mencapai angka segitu? Peminjaman Innova disampaikan ke PT. Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Indonesia. Ternyata, permohonan dikabulkan dan pihak TAM menyediakan satu unit Kijang Innova tipe E 2008 manual yang merupakan varian terendah dibandingkan tipe G dan V. Namun, tampilan eksteriornya ya beda tipis sama dua varian tadi.

Yang membedakan, pada Innova tipe E ini tidak ada lampu kabut dan penghapus kaca belakang. Namun, kaca spion sudah dilengkapi lampu sein, meski menekuknya masih menggunakan tangan. Kemudian, pada bumper belakang sudah memakai bumper protection.

Kondisi mobil maupun mesin 1TR-FE betul-betul standar. Tak ada komponen yang diganti atau ditambah seperti yang sudah dilakukan Hery. Sudah begitu, jam terbang Innova yang dites ini sudah menempuh jarak lebih 5.000 km.

Dua Model Tes
Tes yang Kompas.com lakukan tidak keluar kota, tetapi dalam kota dan difokuskan pada pemakaian bahan bakar. Metode pengetesan tanpa menggunakan alat, hanya full to full tangki bensin yang pada Innova ini diisi Premium. Padahal, kompresinya 1:9,8 yang seharusnya memimun Pertamax.

Sekalipun Premium, mesin 1TR-FE tidak ngelitik. Hal ini dikarenakan mesin berkapasitas 2.000 cc itu sudah dilengkapi knock sensor. Fungsinya, mengirim data ke komputer agar setelan pengapiannya dimajukan secara otomatis.

Selama pengetesan, tak ada trik khusus atau akal-akalan, tetap menggunakan AC, meski posisi tombol di satu dan temperatur seperempat. Tekanan angin keempat roda disesuaikan dengan anjuran pabrikan, yakni 33 psi. Terpenting lagi, memperlakukan kendaraan dengan halus. Mulai dari menekan pedal gas, tak boleh dihentak lantaran sudah dilengkapi teknologi drive-by-wire. Kemudian, tidak memaksakan kerja putaran mesin dan memindahkan gigi transmisi sesuai kebutuhan.

Nah, dengan prinsip itu, tes dilakukan dua metode. Pertama, merayap di jalan protokol pada jam sibuk (pergi ke kantor dan pulang kantor). Dengan menempuh jarak total 142,8 km, 40 persen melewati jalan macet...cet...cet.... 30 persen kondisi padat merayap, dan 30 persen lagi melaju dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam. Hasilnya, ketika tangki bensin diisi penuh (sampai luber) didapat pemakaian konsumsi 1:8,12 km.

Bisa segitu, sekali lagi karena memperlakukan mobil dengan halus. Semisal, setiap kali menggerakkan mobil (dari posisi berhenti), putaran mesin tak lebih dari 1.200 rpm (asal bergerak). Tak perlu melebihi 1.500 rpm bahkan sampai 1.800 rpm yang banyak dilakukan pengemudi karena suara mesin baru terdengar pada putaran segitu. Ketika mobil sudah bergerak (kopling terangkat), pedal gas ditekan perlahan, jangan dihentak.

Kemudian, dari persneling satu ke dua, putaran mesin dipatok sampai 1.900 rpm. Itu bisa di atas 2.000 rpm, tetapi kerja mesin sudah berat. Dari gigi dua inilah awal penentuan kecepatan. Karena ingin mendapat pemakaian bahan bakar yang baik, maka kecepatannya normal. Di sini, perpindahan dari gigi dua ke tiga dilakukan saat putaran mesin mencapai 1.900 rpm dan kecepatan menunjukkan 20 km/jam. Lantas, dengan putaran mesin 2.000 rpm, perpindahan kembali dilanjutkan dari tiga keempat, kecepatan terpatok pada angka 40 km/jam. Ini kecepatan awal yang ideal untuk melesat normal di dalam kota.

Karena banyak dihadang jalan macet, ketika mobil dalam sedang mengantre (berhenti), usahakan kaki kiri tidak menginjak pedal kopling. Karena bisa saja tanpa sadar terangkat sedikit, sementara kaki kanan menginjak pedal rem sehingga mobil tidak jalan. Namun, tenaga mesin bekerja, bikin bensin boros.

Nah, dengan teknik seperti di atas, tes kedua dijalankan di arus lalu lintas yang tidak padat. Stop and go hanya sekitar 15 persen, selebihnya mobil bisa melesat antara 25 km/jam dan 30 km/jam. Innova diajak masuk ke jalan tol dalam kota satu putaran dengan kecepatan tertinggi 90 km/jam saat menyalip dan selebihnya rata-rata 70 km/jam, kemudian masuk ke kota. Semua dilakukan malam hari mulai pukul 20.00.

Dari jarak tempuh 112,7 km, kala tangki bensin diisi kembali, tercatat angka 9,215 liter. Berarti, pemakaian bensin 1 liter menempuh jarak 12,23 km. Jika memakai Pertamax mungkin bisa lebih jauh jarak tempuhnya. Juga, bisa turun jika membawa penumpang karena dalam tes ini hanya berdua.

0 comments:

Harga Mobil Terbaik & Informasi Terupdate

Toyota Surabaya, Dealer Resmi Mobil Toyota di Surabaya dan wilayah Jawa Timur. Melayani Cash & Kredit dengan jaminan Harga Mobil Toyota Terbaik. Toyota Surabaya, akan selalu menyajikan informasi seputar mobil Toyota mulai dari Daftar Harga Mobil Toyota Surabaya terbaru dan Terupdate tiap bulan, Promo Produk Mobil Toyota Terbaru, Kredit Mobil Toyota, Alamat Dealer Resmi Toyota wilayah Jatim, serta jadwal pameran mobil Toyota di Surabaya.

Dapatkan juga TOYOTA SERVICE, diantaranya:

  • EXPRESS MAINTENANCE
    Toyota Surabaya mempersembahkan program terbaru yaitu “Toyota Express Maintenance“. Dengan pelayanan yang bermoto “Time is yours“, pelangggan Toyota dapat melakukan perbaikan kendaraannya dengan waktu yang lebih cepat.
  • SERVICING PERIODIC
    Menjamin kenyamanan berkendara sepanjang waktu.
  • BODY & PAINT
    Ekspresi gaya dan warna berkendara. Kami memahami kendaraan Anda adalah cermin kebanggaan Anda yang bersifat fungsional dan bersifat seni. Serta kendaraan yang harus tampil baik di dalam, maupun tampilan luarnya. Untuk itulah Toyota menyediakan layanan Perbaikan Bodi.
  • TOYOTA GENUINE ACCESSORIES (TGA)
    Tempat yang tepat untuk meningkatkan penampilan mobil Toyota Anda.
  • TOYOTA GENUINE PARTS
    Jaminan kualitas Parts Toyota demi kenyamanan dan kepuasan Anda. Gunakan selalu Toyota genuine parts.
  • TRADE IN CAR
    Mudah di saat Anda ingin mengganti dengan mobil Toyota baru.

Dealer Mobil Toyota Surabaya, layanan penjualan mobil Toyota yang meliputi: Calya, Agya, Etios, Sienta, Avanza, Kijang Innova, Rush, Fortuner, Yaris, Yaris Heykers Crossover, Vios, Corolla Altis, Camry, Hilux, NAV1, Hiace, Land Cruiser, Alphard, Vellfire, FT-86. Baik pembayaran secara Cash atau Kredit (kredit mobil Toyota) dengan jaminan harga mobil terbaik untuk wilayah Surabaya.


WIRANIAGA TOYOTA DI KOTA ANDA
Ambon - Maluku
Balikpapan - Kalimantan Timur
Banda Aceh
Bandar Lampung
Bandung - Jawa Barat
Bangka Belitung
Bangkalan, Madura - Jawa Timur
Banjarbaru - Kalimantan Selatan
Banjarmasin - Kalimantan Selatan
Banyuwangi - Jawa Timur
Batam - Kep. Riau
Batulicin - Kalimantan Selatan
Bekasi - Jawa Barat
Bengkulu
Berau - Kalimantan Timur
Blitar - Jawa Timur
Bogor- Jawa Barat
Bojonegoro - Jawa Timur
Bondowoso - Jawa Timur
Bulukumba - Sulawesi Selatan
Cianjur - Jawa Barat
Cikarang - Jawa Barat
Cilacap - Jawa Barat
Cilegon - Jawa Barat
Cirebon - Jawa Barat
Denpasar - Bali
Depok - Jawa Barat
Duri - Riau
Garut - Jawa Barat
Gianyar - Bali
Gresik - Jawa Timur
Jakarta Barat
Jakarta Pusat
Jakarta Selatan
Jakarta Timur
Jakarta Utara
Jambi - Sumatera
Jember - Jawa Timur
Jombang - Jawa Timur
Kediri - Jawa Timur
Karawang - Jawa Barat
Kertosono - Jawa Timur
Kolaka - Sulawesi Tenggara
Kudus - Jawa Tengah
Kupang - Nusa Tenggara Timur
Lamongan - Jawa Timur
Lhokseumawe - Aceh
Lumajang - Jawa Timur
Madiun - Jawa Timur
Magetan - Jawa Timur
Makassar - Sulawesi Selatan
Malang - Jawa Timur
Manado - Sulawesi Utara
Manokwari - Papua Barat
Mataram, Lombok - NTB
Medan - Sumatera Utara
Melak - Kalimantan Timur
Merauke - Papua
Mojokerto - Jawa Timur
Nabire - Papua
Negare - Bali
Nganjuk - Jawa Timur
Ngawi - Jawa Timur
Pacitan - Jawa Timur
Padang - Sumatera Barat
Palangkaraya - Kalimantan Tengah
Palembang - Sumatera Selatan
Pandaan - Jawa Timur
Pangkalan Bun - Kalimantan Tengah
Pamekasan, Madura - Jawa Timur
Pasuruan - Jawa Timur
Pekalongan - Jawa Tengah
Pekanbaru - Riau
Ponorogo - Jawa Timur
Pontianak - Kalimantan Barat
Probolinggo - Jawa Timur
Purwokerto - Jawa Tengah
Salatiga - Jawa Tengah
Samarinda - Kalimantan Timur
Sampang, Madura - Jawa Timur
Sanur - Bali
Semarang - Jawa Tengah
Sengkang - Sulawesi Selatan
Serang - Banten
Sidoarjo - Jawa Timur
Singaraja - Bali
Sintang - Kalimantan Barat
Situbondo - Jawa Timur
Solo - Jawa Tengah
Soppeng - Sulawesi Selatan
Sorong - Papua Barat
Sorowako - Sulawesi Selatan
Subang - Jawa Barat
Sumenep, Madura - Jawa Timur
Sukabumi - Jawa Barat
Tana Toraja - SulSel
Tangerang - Banten
Tangerang Selatan
Tanjung Karang - Lampung
Tanjung Tabalong - Kalimantan Selatan
Tarakan - Kalimantan Timur
Tasikmalaya - Jawa Barat
Tenggarong - Kalimantan Timur
Tabanan - Bali
Tegal - Jawa Tengah
Timika - Papua
Trenggalek - Jawa Timur
Tuban - Jawa Timur
Yogyakarta - DIY
Wiraniaga Toyota yang tertarik untuk mempromosikan profil Anda di blog ini, silahkan mengirim permintaan dan data Anda melalui email: sales@belitoyota.com

Terbanyak Dibaca