Toyota iQ : Bintang Masa Depan

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Surabaya Terima Tukar Tambah Mobil Bekas Angsuran DP Ringan Diskon BesarKendaraan masa depan diciptakan untuk menjawab kebutuhan pengunanya. Perpaduan teknologi yang andal pada performa mesin, efisiensi energi, kenyamanan, dan keamanan adalah beberapa faktor utama keinginan konsumen.

Produsen otomotif ternama Toyota menghadirkan dua bintang kendaraan masa depan di ajang IIMS (Indonesian Internasional Motor Show) 2009. Mereka adalah Toyota IQ dan RIN.

Sebagai mobil berukuran sangat kompak, Toyota IQ merupakan jawaban nyata akan kampanye hemat energi seperti yang digaung-gaungkan. Toyota IQ merupakan salah satu produk yang revolusioner.

Dengan label "kompak" yang disandangnya, unit ini memang terasa mungil dengan panjang 2,985 m, lebar 1,680 m dan tinggi 1,500 m. Meski kecil tak berarti tak maksimal.

Mesin yang ditanam berkode 1KR-FE berkapasitas 1.000 cc. Memakai tiga silinder segaris. Teknologi yang diterapkan adalah DOHC 12-valve dengan manajemen pengaturan katup VVT-i, DIS dan ETCS-i. Daya mesin maksimum mencapai 50kW @ 6000 rpm dan torsi maksimum 91Nm @ 4800rpm.

Tampak luar IQ terkesan sangat mungil tapi sesungguhnya lapang di dalam. Hal itu tercipta karena desain dasbor yang asimetris, yang ditunjang pula dengan posisi steering gearbox yang lebih tinggi di atas mesin. Penempatan AC yang juga diperkecil namun tak mengurangi fungsi utamanya ditambah dengan kursi belakang yang ramping, termasuk bentuk tanki bahan bakar yang flat.

Hasilnya? Toyota IQ pun mampu mengakomodasi empat penumpang dewasa.

Selain IQ yang tampil perdana di Frankfurt Jerman pada 2007, desain kompak juga terdapat pada Toyota RIN. RIN merupakan mobil berkonsep masa depan dengan ide dasar mengadopsi akar pohon Cypress. Mobil ini juga dibuat dengan mempertimbangkan relasi yang lebih interaktif antara kendaraan dan penggunanya.

Warna hijau pada jendela mampu meningkatkan visibilitas, membuat pandangan lebih cerah dan kenyamanan di mata pengendara. Deteksi "mood" diaplikasikan pada cardiograph yang terrpasang di dasbor. Akan mengingatkan pengendara untuk mengontrol "mood" agar berkendara dengan aman.

Bagi pengendara lain yang datang berlawanan arah pun, tidak akan terganggu dengan silaunya headlight Toyota RIN. Hal itu disebabkan pendaran cahaya headlight terkontrol otomatis.

Fitur lain dari Toyota RIN adalah power assist door, center console, oxygen content conditioner, side view monitor, serta futuristic seat's design.