Perdebatan Data Tes Kijang Innova

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Surabaya Terima Tukar Tambah Mobil Bekas Angsuran DP Ringan Diskon BesarBerawal dari hasil Long Term Test Auto Bild pada Toyota Kijang Innova, beberapa angka pengetesan yang diperoleh pun diperkarakan oleh salah satu konsumen Toyota di Padang, Sumatra Barat. Dari data tes yang dimuat pada Auto Bild edisi 110, tercatat 16,2 km/1 mampu diraih Kijang Innova produksi 2007 untuk konsumsi bbm di rute jalan tol dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Begitu pula data tes pada rute dalam kota dan luar kota yakni 9,3 km/1 dan 10,4 km/1.

Dari beberapa data tes itulah, salah satu konsumen Toyota di Padang memutuskan untuk memilih Kijang Innova sebagai alat transportasinya sehari-hari. Namun sang konsumen ini merasa konsumsi bbm Innova miliknya tak mencapai salah satu dari angka-angka itu. Rata-rata konsumsi bbm yang diraihnya adalah sekitar 7,37 km/1.

Penyimpangan data ini membuatnya mengajukan perkara ke BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) kota Padang. Hingga akhirnya, Auto Bild diminta PT. Toyota Astra Motor untuk melakukan tes di kota Padang (15/4) lalu. Lantaran tak tersedianya jalan bebas hambatan di kota Padang, sang penuntut hanya ingin membuktikan konsumsi bbm riil pada rute dalam kota, di mana angka 9,3 km/l menjadi acuannya.

Untuk itu, satu unit tes baru dipersiapkan Auto2000 Padang sebagai salah satu syarat pengetesan Auto Bild. Sedangkan sebagai unit pembanding, hasil persidangan memutuskan untuk menggunakan kendaraan milik sang penggugat dengan odometer yang telah mencapai lebih dari 28.000 km.

Namun mobil tersebut perlu mendapat pemeriksaan terhadap sudut-sudut roda di kendaraan, tekanan angin ban, hingga membersihkan kondisi filter udara.
Setelah itu, kedua unit tes tersebut dibawa ke SPBU Pasti Pas untuk melakukan pengisian bahan bakar Premium. Dengan disaksikan saksi-saksi dari majelis persidangan, kedua mobil pun melaju hingga menempuh jarak sejauh 103 km mengelilingi kota Padang.

"Sempitnya kota Padang membuat rute perjalanan sejauh 100 km perlu dibuat dengan rute berputar-putar. Tak heran dalam satu ruas jalan, dapat dilewati hingga lebih dari dua kali. Hal ini penting agar standar dari metode pengetesan Auto Bild dapat dilakukan," ujar Rahmat Rambe, Finance & Adm. Manager Auto2000 Padang.

Hasilnya, cukup mencengangkan. Dengan disaksikan banyak saksi, kedua mobil ini hanya memerlukan Premium sebanyak 8,31 liter untuk unit tes baru dan 8,79 liter untuk unit tes sang penggugat - atau angka konsumsi 12,4 km/l dan 11,8 km/l.

"Dengan tes secara profesional ini, saya dapat menerima hasilnya. Dan saya mendapat pelajaran bahwa cara mengemudi mendapat peran penting untuk memperoleh konsumsi bbm yang irit," tutup sang penggungat dalam persidangan yang berakhir sore harinya.