Toyota Luncurkan Generasi Terbaru Land Cruiser

Toyota Land CruiserToyota Motor Corp. (TMC) meluncurkan generasi terbaru Land Cruiser, Selasa (18/9) di Jepang. Hadir dengan platform dan suspensi baru, mesin V8 4.7 liter VVT-i (Variable Valve Timing-intelligent) serta sejumlah teknologi baru lainnya, Land Cruiser kini hadir dengan level ketahanan, ketangguhan, dan peforma off-road lebih tinggi.

Redisain platform yang kini lebih rigid, membantu meningkatkan keselamatan saat benturan, mengurangi deru dan getaran di jalan dan meningkatkan kenyaman interior. Suspensi depan menggunakan coil spring baru, double wishbone pengganti torsion bar pada tipe lama. Sedangkan suspensi belakang tetap mempertahankan four-link type yang sudah teruji.

Mesin 4.7 liter 2UZ-FE V8 bensin yang dilengkapi teknologi VVT-i, ditingkatkan rasio kompresi (9.6:1 menjadi 10.0:1) dan kecepatan mesin maksimum (4,800 rpm jadi 5,400rpm), sehingga menghasilkan tambahan daya hingga 39kW/53ps. Transmisi 5 Super ECT (Super Intelligent, Electronically-controlled, Five-speed Automatic Transmission) Sequential Shiftmatic memberi kesempatan pengemudi menikmati sensasi seperti transmisi manual. Menyesuaikan dengan mesin yang makin kuat, diameter rem cakram depan diperbesar jadi 17 inch dari 16 inch dan dilengkapi fitur anti-fading.

Teknologi Baru Land Crusier

Crawl Control System, pertama di dunia dan jadi fitur standar di semua model. Ketika bergerak di permukaan berbatu, pasir atau curam, mesin dan rem secara otomatis menjaga mobil bergerak dengan kecepatan rendah, mengurangi kemungkinan ban slip dan terkunci yang menghasilan stabilitas tinggi. Sistem ini menjaga mobil bergerak dengan kecepatan 1 km/jam - 5 km/jam dan tiga pilihan kecepatan bisa dipilih dengan hanya memutar tombol. Ini membantu pengemudi fokus di kemudi dan memudahkan pengemudi meloncat keluar bila terjadi sesuatu.

Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS), yang pertama di Jepang , menggunakan prinsip hidrolis untuk mengontrol secara optimal stabilizer depan dan belakang tergantung kondisi pengendaraan. Hasilnya stabilisa optimal di jalan raya dan peforma off-road meningkat karena stalizer bisa di non-aktifkan untuk menghasilkan jarak ayunan suspensi lebih besar.

Torsen LSD pada kondisi normal membagi daya penggerak roda 40 % ke depan dan sisanya ke belakang. Tapi bisa dengan segera berubah jadi 50/50 hingga 30/70 menyesuaikan kondisi jalan. Ini menghasilkan kinerja luar biasa dalam hal stabilitas, start, akselerasi dan menikung di semua kondisi jalan.

Selain mengadopsi body GOA yang sudah disempurnakan untuk bertahan terhadap benturan yang lebih keras dari kondisi normal, penumpang juga dilindungi dual-stage SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, knee airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, side airbag untuk pengemudi, penumpang depan dan penumpang baris kedua serta curtain shield airbags dari depan hingga kursi baris ketiga.

Aplikasi VSC (Vehicle Stability Control), SRS (Supplemental Restraint System) side dan curtain shield airbags serta Active Headrest, -semua fitur standar - plus optional Pre-crash Safety System menjadikan level safety Land Cruiser generasi baru ini terbaik dikelasnya.

Land Cruiser baru mengaplikasikan sistem pendingin udara 4 zone sebagai standar di semua model plus filter debu, jamur dan kotoran lain dari udara. Fitur standar lainnya adalah Smart Entry dan Start System. Sistem navigasi HDD 30 GB dengan layar 8 inch high-resolution jadi optional. Panjang interior kini bertambah 175 mm dengan tiga baris kursi.

Disain interior dan eksteriornya berbasis pada filosofi disain Vibran Clarity dengan tetap mempertahankan ciri khas Land Cruiser. Dua warna baru diperkenalkan yaitu Gold Mica Metallic dan Green Mica Metallic sehingga kini ada tujuh warna pilihan.

* toyota indonesia

Komentar

Anonim mengatakan…
Toyota Land Cruiser 200 V8 (2011) ini SUV paling sempurna menurut saya. Mobil besar, kuat, dan gagah, dengan kemampuan on-road dan off-road yang komplit, ditambah fitur kenyamanan dan keselamatan yang komplit pula. Penampilannya pun sangat memukau. Tidak salah kalau dia diberi slogan (oleh Toyota Australia) "King off the road and King on the road".
Heran saya mengapa kok dia kalah oleh Cadillac Escalade dalam voting sebagai best SUV. Padahal Cadillac Escalade fokusnya lebih ke on-the road saja.
simon mengatakan…
Toyota Land Cruiser memang mantap, powernya besar dan mewah .... keren ....

Dimedan mulus atau offroad sama-sama mantap ...

saingannya si BMW X5, tapi kabin Land Cruiser lebih luas ....