Maksimalkan Audio Toyota Yaris Dengan Ini

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Surabaya Terima Tukar Tambah Mobil Bekas Angsuran DP Ringan Diskon Besar
Fitur hiburan memang dibutuhkan di setiap kendaraan pribadi. Terutama bagi Anda yang suka mendengarkan musik. Dengan audio yang oke, suara alunan musik yang menemani perjalanan Anda dijamin tak akan membuat Anda jenuh dan mengantuk.

Salah satu pemilik Toyota Yaris keluaran 2015 yakni Hartono Kurniawan adalah seorang pengemudi yang suka mendengarkan musik ketika berkendara. Karena kesukaannya tersebut, Kurniawan melakukan perombakan audio pada Yaris miliknya.

Setelah membeli Yaris, ia pun segera membawanya ke Cartens Autosound Fatmawati, Jakarta. Meskipun audio dirombak, Kurniawan tetap mempertahankan head unit bawaan (OEM) milik Toyota Yaris. Tatanan audio mobil yang tidak mencolok, rapi, dan tampilannya masih seperti bawaan pabrik adalah keinginan Kurniawan.

Memilih audio juga tak bisa sembarangan. Eddy, instalatur Cartens Autosound, menyarankan agar pemilihan audio juga disesuaikan dengan kebutuhan yakni sebagai mobil sehari-hari. Kurniawan akhirnya menjatuhkan pilihan ke amplifier multi Flux 80.4 dan satu set speaker Flux SC 361 full passive sebagai penyokong semburan suara, sedangkan amplifier mono Crescendo Evo Mono untuk dentuman bass dan subwoofer Gladen RS 10 diletakkan di bagian belakang mobil.

Head unit OEM, amplifier, speaker, dan subwoofer digabungkan dengan menggunakan kabel Harmony Harmonics. Eddy menjelaskan bahwa pilihan peranti audio tersebut cocok untuk aktifitas sehari-hari dimana sistem audio 3-way tersebut cukup untuk memanjakan telinga.

Perombakan audio ini tak butuh waktu lama, hanya satu minggu saja karena sistem audio yang dibenamkan tidak terlalu rumit. Setelah menguliti bagian interior mobil untuk memasang peredam suara pada pintu mobil, instalasi kabel audio hingga pemasangan box subwoofer belakang bisa langsung diselesaikan. Lalu dilanjutkan dengan pemasangan dua amplifier dan sepasang tweeter di bagian bagasi belakang.

Yang terakhir dilakukan setelah semua peranti terpasang adalah melakukan pengecekan audio menggunakan pink noise yang dipadukan dengan Real Time Analyzer (RTA). Hal itu bertujuan untuk memastikan kesempurnaan frekuensi audionya.

Jika tak ingin ruang bagasi habis, Anda bisa menirukan cara Eddy yakni meletakkan subwoofer diatas ban cadangan karena bisa plug and play.