Toyota Masih Tetap Andalkan Duet Antara Avanza Dan Innova

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Surabaya Terima Tukar Tambah Mobil Bekas Angsuran DP Ringan Diskon Besar
Melemahnya perekonomian di Indonesia beberapa bulan terakhir ini menyebabkan penurunan daya beli konsumen dalam dunia otomotif, namun hal ini tak berpengaruh banyak pada penjualan Toyota. 

Kontribusi terhadap peningkatan pangsa pasar PT Toyota Astra Motor (TAM) mampu dicapai akibat dari membaiknya kinerja di beberapa segmen bulan April lalu. Mobil Avanza dan Innova masih menjadi penyumbang terbesar akan kenaikan pangsa pasar ini. 

Toyota masih menduduki posisi terkuat dan memimpin pasar dalam segmen MPV dengan total penjualan mencapai 16.243 unit. Bahkan sepanjang April lalu, TAM mampu menguasai pangsa pasar mencapai 56,16 persen. Toyota Avanza pun mencatat penjualan 11.686 unit dengan kontribusi 71,95 persen. Di samping itu, Kijang Innova juga tak kalah saing dengan mencapai 4.162 unit atau berkontribusi 25,62 persen dari total penjualan di segmen MPV. 

Pada segmen mobil kompak diramaikan oleh kehadiran Agya, Etios Valco serta Yaris, yang mampu meraih total penjualan sebanyak 6.465 unit dengan pangsa pasar mencapai 38,13 persen. Sedangkan pada segmen SUV, Toyota mampu menaikkan penjualan hingga 14,5 persen menjadi 3.978 unit. Pada segmen ini, Toyota Rush masih menjadi kontributor utama peningkatan penjualan SUV dengan total penjualan 3.068 unit. 

Selanjutnya di segmen sedan, mampu membukukan pertumbuhan penjualan sebesar 22,3 persen dari 1.007 unit pada Maret 2015 menjadi 1.232 unit di bulan lalu. Pertumbuhan sebesar 7,5 persen juga dialami segmen kendaraan niaga, sehingga dari 1.909 unit pada Maret 2015 menjadi 2.053 unit. 

Pada segmen pikup yang diwakili oleh Hilux mencapai pertumbuhan tertinggi jika dibandingkan dengan segmen dua ton dan commercial van. Hilux mampu terjual 890 unit atau tumbuh 10,1 persen dibandingkan dengan pencapaian Maret. 

"Pencapaian Toyota di April setidaknya sudah lebih baik dibanding tiga bulan pertama 2015, meskipun tidak sebaik tahun lalu. Harapan kami tren positif ini berlanjut di bulan selanjutnya menjelang Lebaran dan pertengahan tahun," jelas Rahmat Samulo Direktur Pemasaran TAM.