Grand New Avanza Facelift: Raja MPV Di Kelasnya Kini Hadir Dengan Tenaga Lebih Besar

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Surabaya Terima Tukar Tambah Mobil Bekas Angsuran DP Ringan Diskon Besar
Toyota Grand New Avanza adalah versi facelift dari Toyota Avanza yang telah rilis sebelumnya dengan membawa sejumlah perubahan. Edisi revisi ini merupakan “ritual” rutin yang biasa dilakukan oleh produsen kendaraan. Jarak antara Avanza keluaran awal dengan versi facelift ini mencapai 10 tahun.

Toyota membawa dua kelas untuk Grand New Avanza yakni kelas 1.300 cc dan 1.500 cc. Untuk kelas 1.300 cc terdiri dari tipe (MT/AT), G (MT/AT), dan Veloz (MT/AT). Sementara untuk kelas 1.500 cc memiliki tipe G (MT) dan Veloz (MT/AT). Toyota akan menjelaskan lebih rinci perbedaaan di antara tipe tersebut pada launching resmi yang rencananya dihelat 12 Agustus 2015. Dan, mobil ini juga dipamerkan dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 20-30 Agustus 2015.

Toyota Grand New Avanza dibekali dengan mesin baru yang punya kode 1NR dan 2 NR. Mesin tersebut telah memiliki teknologi Dual VVT-i. Artinya, mesinnya satu tingkat lebih baik dibanding versi lawas yang hanya membawa teknologi VVT-i semata. Dual VVT-i sendiri sudah digunakan pada Toyota Altis dan Camry.

Efek dari teknologi tersebut yaitu terjadinya penghematan BBM. Perkiraan penghematan bahan bakar pada Grand New Avanza kurang lebih 15 persen dibanding keluaran sebelumnya. Namun jangan salah, tenaga yang dikeluarkan pun akhirnya jauh lebih besar.

Mari bandingkan tenaga antara Avanza lama dengan yang baru ini. Pada Avanza lama, tenaga yang dikeluarkan oleh mesin kelas 1.300 cc dan 1.500 cc masing-masing 92 PS dan 104 PS di putaran 6.000 rpm. Torsinya 11,9 kgm dan 12,3 kgm di putaran 4.000 rpm.

Sementara pada Grand New Avanza yang punya Dual VVT-i, tenaga untuk kelas 1.300 cc dan 1.500 cc masing-masing 96,5 PS dan 104 PS di putaran 6.000 rpm. Torsi puncaknya adalah 12,3 kgm dan 13,9 kgm di putaran 4.200 rpm.

Grand New Avanza kini mempunyai banyak pilihan dengan hadirnya varian baru yaitu :
  • Tipe Baru Grand New Veloz 1.3 M/T dan Grand New Veloz 1.3 A/T
  • Warna Baru Dark Red, Nebula Blue, Dark Brown, sehingga melengkapi warna yang sebelumnya Gray Metallic, Champagne, Black Metallic, Silver dan White 
Toyota Grand New Avanza dibekali dengan fitur keselamatan terkini. Beberapa di antaranya adalah center head set pada tempat duduk baris kedua, semua kursi dibekali 3 point seat belt, ISOFIX untuk kursi bayi, dan kunci immobilizer. Pengereman juga dilengkapi dengan ABS pada semua tipe.

Fitur Keselamatan Toyota Grand New Avanza Paling Lengkap dikelasnya dengan standart asean ncap bintang 4 pertama dikelasnya:
  • Center Head Rest (Baris ke-2)
  • 3 point seat belt semua kursi
  • Power window dengan Jam Protection pada sisi pengemudi
  • Peringatan seat belt, penumpang depan
Grand New Avanza dilengkapi dengan fitur baru:
  • Side Impact Beam
  • ISOFIX untuk kursi bayi
  • ABS (semua tipe)
  • Immobilizer (semua tipe,kecuali tipe 1.3 E)