Toyota Akui Daya Beli Konsumen Jadi Penentu Perkembangan Industri Otomotif di Indonesia

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Termurah Surabaya
Dalam usaha pengembangan industri otomotif sebuah negara, ada dua faktor penentu yang harus diseimbangkan. Faktor tersebut adalah faktor daya beli serta kebutuhan. Rumus ini pun berlaku untuk seluruh pasar di dunia. Namun, satu hal yang menarik adalah rumus ini tak berlaku di Indonesia. 

Pernyataan ini pun diutarakan oleh GM Corporate Planning & Public Relation PT Toyota Astra Motor, Widyawati Soedigdo. Ia menjelaskan bagaimana satu faktor dari kedua faktor tersebut sudah bisa membuat industri otomotif di Indonesia berkembang dengan baik. 

Kalau di luar negeri, industri otomotif berkembang karena kombinasi antara dua faktor tersebut. Tapi di Indonesia hanya satu faktor saja bisa tetap berkembang," kata Widyawati. 

Ia kemudian menjelaskan bagaimana konsumen bisa langsung membeli mobil seperti dari Toyota saat memiliki cukup uang. Konsumen tak akan berfikir dua kali jika membutuhkan kendaraan beroda empat tersebut atau tidak. Yang terpenting adalah daya beli konsumen yang sudah mampu. Selain itu, memiliki mobil bisa dijadikan sebagai simbolisasi akan kesejahteraan seseorang di Indonesia. Karena itulah, penting memiliki mobil meski tak terlalu membutuhkannya. 

Lebih jauh, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota merupakan produsen mobil yang telah menguasai pasar Indonesia dengan total penjualan 399 ribu sepanjang 2014.