Mengetahui Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Mobil Toyota Anda

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Termurah Surabaya
Salah satu keuntungan mengetahui nomor rangka dan nomor mesin mobil Toyota Anda adalah untuk mencocokkan nomor tersebut dengan BPKB serta STNK. Cek fisik tersebut dilakukan agar terdapat bukti fisik atas kendaraan yang Anda miliki. Selain itu, pengecekan fisik juga dilakukan untuk mencegah tindak kriminal semacam penipuan. 

Semakin meningkatnya tindak kriminal pencurian kendaraan bermotor membuat resah para pemilik kendaraan terutama mobil. Kejahatan ini pun bisa terjadi dengan mengoplos mesin hasil penipuan yang sudah tak layak pakai. Jenis cek fisik bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada bagian chassis dan nomor mesin. Hal ini karena chassis dan nomor mesin adalah dasar dari pembuatan STNK dan BPKB. Nomor rangka atau biasa disingkat Frame no. dan juga Vehicle Identification Number (VIN) merupakan nomor seri unik yang digunakan oleh industri otomotif untuk mengidentifikasi individu kendaraan.

Nah, berikut ini informasi mengenai letak nomor rangka dan nomor mesin pada mobil Toyota tipe Avanza, Kijang Innova, Yaris, Camry, Alphard, Fortuner, Rush, Vios, Corolla Altis, Hilux, dyna dan Prius.

Toyota Avanza memiliki nomor rangka pada body samping depan kiri dekat power steering. Nomor mesinnya terletak tepat di bawah sensor VVTI (ovc sensor). Sedangkan Kijang Innova tipe bensin & diesel memiliki nomor rangka pada roda depan kiri bagian dalam. Sedangkan untuk nomor mesin pada tipe bensin ada pada bagian bawah intake manifold dan tipe diesel memiliki nomor mesin pada bagian bawah Commonrail (injeksi diesel). Nomor rangka Yaris terletak di bawah jok depan kanan pengemudi dan nomor mesinnya ada di bawah Intake Manifold. Toyota Camry memiliki nomor rangka pada bagian bawah wiper bagian depan dan nomor mesin terletak di samping Exhaust Manifold (di bawah selang radiator).

Selanjutnya adalah Fortuner dengan nomor rangka terletak di roda depan kiri bagian dalam untuk tipe bensin dan diesel. Lalu, nomor mesin Fortuner jenis bensin terletak tepat di bawah Intake Manifold dan jenis diesel terletak tepat di bawah Commonrail (Injeksi Diesel). Rush memiliki nomor rangka yang terletak di body samping depan kiri dekat power steering dan nomor mesin terletak tepat di bawah sensor VVTI (Ocv Sensor).

Vios atau Limo nomor rangkanya terletak di bawah jok depan kanan pengemudi dengan nomor mesin terletak tepat di bawah Intake Manifold. Altis nomor rangkanya ada di bawah jok depan kanan pengemudi dan nomor mesin terletak di dekat Exhaust Manifold (mesin bagian belakang).