Toyota Mirai Menjadi Mobil Hidrogen Pertama Di Ajang Balap NASCAR

Toyota Mirai Menjadi Mobil Hidrogen Pertama Di Ajang Balap NASCAR
Ajang balap bergengsi Amerika Serikat, NASCAR selalu dinantikan kehadirannya oleh para penggemar otomotif. Tahun ini, ajang balap tersebut akan semakin istimewa dengan kehadiran Toyota Mirai. Ya, Toyota akhirnya mengumumkan bahwa mobil listrik berbahan bakar hidrogen ini ikut tampil dalam Toyota Owners 400 Nascar di Richmond International Raceway pada Sabtu 25 April 2015.

“Mempunyai kendaraan listrik berbahan bakar hidrogen untuk mengikuti Toyota Owners 400 adalah sebuah momen bersejarah bagi Toyota dan Nascar. Kami bangga bahwa itu adalah Mirai,” Kata Ed Lauker, vice president of marketing, performance, and quest experience Toyota Motor Sales USA, seperti yang dikutip dari okezone.

Laukes juga mengungkapkan bahwa keikutsertaan Toyota Mirai ini adalah untuk menunjukkan inovasi teknologi dari Toyota dan menunjukkan bahwa Toyota selalu terdepan dalam usaha menjaga lingkungan. 

Toyota Mirai mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 153HP dan dilengkapi empat pintu sehingga sedan ini bisa lulus uji untuk mengikuti ajang balap NASCAR. Dengan dukungan hidrogen, Mirai mampu melaju hingga 483 kilometer dalam kondisi tangki penuh. Rencananya, Mirai akan mulai diluncurkan pada akhir tahun 2015 untuk konsumennya di California. 

Keikutsertaan Mirai ini merupakan sejarah kedua Toyota setelah pernah mengikutsertakan Toyota Camry Hybrid di ajang NASCAR pada tahun 2009. Saat itu, Camry menjadi mobil hybrid satu-satunya yang pernah mengikuti ajang balap bergengsi ini. Camry juga menerima banyak kritikan positif mengenai penampilannya di NASCAR. Untuk itu, Toyota juga berharap Mirai akan mampu memberikan kesan yang lebih positif lagi sehingga mampu menarik minat konsumen untuk menggunakan mobil berbahan bakar hidrogen pertama di dunia ini.