Toyota Eco Youth Ke-9 Umumkan 20 Finalis

Toyota Eco Youth Ke-9 Umumkan 20 Finalis
Kegiatan tahunan Toyota Eco Youth (TEY) telah memasuki tahun ke 9 dan telah diikuti oleh ratusan sekolah di seluruh Indonesia. Tahap sosialisasi di berbagai sekolah yang mengikuti ajang ini pun telah dilakukan dan kini sebanyak 20 sekolah SMK dan SMA se-Indonesia telah berhasil menjadi finalis TEY. Seluruh finalis ini telah menerapkan proyek mereka masing-masing sesuai dengan proposal. Di samping itu, sekolah juga telah mendapatkan kunjungan (Genba) dari Toyota Indonesia. 

“Sudah hampir 20 sekolah yang kami kunjungi. Kunjungan ke sekolah para finalis ini merupakan wujud komitmen Toyota berkontribusi untuk membangun generasi muda yang peduli lingkungan hidup,” kata Genera Manager Corporate Planning dan Public Relation, PT Toyota Astra Motor, Widyawati, ketika mengunjungi SMAN 2 Balikpapan Kalimantan Timur. 

Widyawati juga mengungkapkan bahwa jumlah peserta yang mengikuti TEY semakin tahun semakin banyak. TEY juga berencana untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan proyek di masing-masing sekolah. Ia juga mengatakan bahwa peningkatan ini bisa terjadi karena adanya antusiasme para peserta yang cukup tinggi. 

TEY berhasil mengumpulkan 20 finalis dari SMK dan SMA se-Indonesia. Dari kategori scinece didapatkan 12 finalis yakni SMAN 1 Blora, SMAN 1 Jogjakarta, SMA Al Falah Jakarta, SMAN 1 Sunggal Medan, SMAN 2 Balikpapan, SMAN 6 Banjarmasin, SMA MUhammadiyah 3 Jakarta, SMAN 87 Jakarta, SMAN 3 Jogjakarta, SMAN 6 Denpasar, SMAN 7 Manado, dan SMAN 3 Merauke Papua. 

Sedangkan kategori sosial dikumpulkan 8 finalis yakni SMAN 5 Surabaya, SMAN 4 Makassar, SMAN Harapan 3 Delitua Medan, SMAN 112 Jakarta, SMA PGRI Jayapura, SMAN 1 Ubud, SMAN 19 Bandung dan SMAN 1 Gianyar. 

Ajang TEY tahun ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya. Hal ini karena diterapkan aturan baru yakni peserta tak hanya diharuskan mempresentasikan proyek teknologi untuk menyelamatkan lingkungan mereka, namun juga harus berperilaku dan bertindak untuk membuktikan keseriusan mereka. Toyota berharap dengan melakukan hal tersebut, peserta bisa mengembangkan hal positif dan menularkannya pada masyarakat.