Toyota Donasikan 2 Unit Vios Untuk UI

Toyota Donasikan 2 Unit Vios Untuk Universitas Indonesia
Pada hari Rabu (22/04/2015) lalu, Toyota dan Grup Astra telah mendonasikan dua unit Toyota Vios untuk Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) dan Politeknik Negeri Jakarta. Kegiatan donasi ini merupakan bagian dari kegiatan sosial atas tanggung jawab dari perusahaan (CSR) yang disalurkan melalui Yayasan Toyota dan Astra atau yang biasa disingkat YTA. 

Sejak tahun 1974 program YTA sudah malang melintang dalam pengguliran berbagai program pendidikan seperti beasiswa pelatihan, hingga sumbangan peralatan pratikum. Disamping itu, YTA telah menjalin kerja sama yang cukup kuat dengan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dalam menyelenggarakan Kuliah Umum bagi mahasiswa yang bertujuan untuk menjembatani dunia akademi dengan dunia kerja yang riil. Di Indonesia sendiri hanya ada 6 universitas pilihan yang telah menggelar Kuliah Umum ini. Di antaranya ialah Institut Teknologi Surabaya, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, dan Universitas Hassanuddin Makassar.

Pada tahun 2015 ini, Toyota telah mengembangkan sebanyak 18 unit kendaraan untuk 18 Sekolah Menengah Kejuruan dan Universitas pilihan. Kegiatan ini di selenggarakan sebagai rangkaian perayaan HUT ke 40 YTA. 

Di kegiatan ini YTA telah menyalurkan beasiswa di Fakultas Teknik Universitas Indonesia bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi. YTA sendiri telah menyalurkan dana beasiswa pelajar tingkat SMA hingga perguruan tinggi di seluruh Indonesia sebesar Rp 62 miliar selama 40 tahun ini. “Setiap kegiatan YTA diharapkan selalu sejalan dengan dinamika dan tantangan pembangunan pendidikan di tanah air ini,” ujar Suparno Djasmin, Dewan Pembina YTA.

Sebagai salah satu penerima beasiswa, Adi, mahasiswa Fakultas Teknik UI, angkatan 2011 menceritakan bahwa ia memperoleh uang tunai sebesar Rp 2,4 juta setiap semester dalam satu tahun. "Uang beasiswa ini kami peroleh dengan cara yang cukup mudah, cukup mendaftarkan diri saja ke kampus. Dan pastinya bermanfaat sekali, dengan uang beasiswa ini bisa digunakan untuk keperluan kuliah," jelas Adi.