Teknologi Baru Toyota Safety Sense

Teknologi Baru Toyota Safety Sense
Mulai tahun depan Toyota akan mengadopsi teknologi safety terbaru yang memungkinkan mobil dengan mobil bisa saling berkomunikasi untuk menghindari kecelakaan. Mobil juga bisa berkomunikasi dengan  lampu-lampu lalu lintas dan rambu lainnya.

Teknologi ini akan dipasang mulai akhir tahun depan pada model-model tertentu. Pengemudi akan menerima peringatan suara maupun audio visual ketika ada mobil lain yang beresiko kecelakaan. Rambu-rambu dipersimpangan jalan juga bisa mengabarkan pada mobil kondisi lalulintas dipersimpangan aman atau tidak.

Kelak, National Highway Traffic Safety Administration akan mengharuskan setiap mobil dilengkapi teknologi semacam ini. Menurut lembaga ini teknologi yang dikenal dengan nama V2V ini berpotensi mencegah 600.000 kecelakaan dan 1000 kematian tiap tahun.

Toyota juga terus menyempurnakan teknologi keselamatan Safety Sense agar mobil bisa secara aktif menghindari kecelakaan. Pada akhir 2017 Toyota akan meluncurkan Safety Sense di sejumlah model. Penyempurnaannya meliputi penambahan laser dan millimeter-wave radar untuk membantu fungsi lane-keep assist (yang menjaga mobil tidak berpindah jalur tanpa disengaja) dan collision avoidance (pencegah kecelakaan).

Tambahan lain adalah lampu depan adaptive LED yang bisa menerangi ruang antara mobil dan mobil lain dari depan tanpa menyilaukannya. Toyota akan menawarkan Safety Sense di Jepang sebelum dinikmati pelanggannya di Amerika Serikat dan Eropa.