Tips Menghindari Kantuk Saat Mengemudi

Hindari Kantuk saat Berkendara
Mengemudi dalam perjalanan jauh memang melelahkan. Waktu berjam-jam yang dilalui terasa begitu lama. Belum lagi rasa pegal dan lelah yang menggoda para pengemudi untuk memejamkan mata. Namun hal ini sangat berbahaya, terlebih saat sedang melaju pada kecepatan yang cukup tinggi. Untuk itu pengemudi harus mengerti betapa bahayanya mengemudi di saat tubuh sedang terasa sangat lelah. Untuk itu, ada baiknya saat badan terasa sangat lelah akan lebih baik jika berhenti dan melepas lelah meski hanya sebentar.

Untuk menghindari rasa kantuk yang mungkin menyerang anda, tentunya ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Dan berbicara mengenai tips menghindari kantuk saat mengemudi, berikut beberapa diantaranya:
  • Sebelum berangkat, pastikan tubuh anda sedang dalam keadaan prima. Untuk membuat tubuh anda terasa lebih segar, anda bisa mandi terlebih dahulu. Hal ini akan membuat tubuh anda terasa segar. Kalau tidak, anda masih bisa mencuci muka dan melakukan sedikit pemanasan. Pemanasan yang perlu dilakukan tidak perlu terlalu berat. Cukup yang ringan-ringan saja. Hal ini berguna untuk meningkatkan kewaspadaan dan membantu melemaskan otot-otot anda.
  • Makan dan minum secukupnya juga bisa membantu anda untuk menjaga stamina anda selama mengemudi. Namun jangan minum minuman beralkohol atau minuman yang bersifat merangsang adrenalin.
  • Selama mengemudi, cobalah untuk tetap fokus akan tetapi tetap santai. Jangan sampai anda melamun atau memikirkan hal lain yang bisa menyita fokus anda. Jika anda memang merasa bosan dan sulit untuk fokus, anda bisa merelakskan pikiran anda dengan mendengarkan musik yang bisa sedikit memberi warna pada perjalanan anda sehingga perjalanan tidak terasa terlalu membosankan. Selalu perhatikan jalan dan lingkungan di sekitar jalan. Dan yang tidak kalah penting, selalu perhatikan rambu-rambu lalu lintas.
  • Untuk berjaga-jaga agar anda lebih mudah memperoleh akses untuk minum, anda bisa menaruh botol minuman di samping anda. Namun anda juga harus memastikan bahwa botol minuman tersebut memang mudah untuk dijangkau. Jika anda memang butuh makan, akan lebih baik jika anda menepi dan berhenti sebentar.
  • Perhatikan pemasangan sabuk pengaman anda. Pastikan sabuk pengaman terpasang dengan nyaman dan aman. Jangan sampai sabuk pengaman terpasang terlalu kencang dan membuat anda sulit bernafas.
  • Jika rasa kantuk memang sudah tidak tertahankan. Lebih baik anda berhenti dan istirahat sejenak. Sebagai tempat pemberhentian, anda bisa berhenti di warung makan ataupun fasilitas lain yang dirasa cukup aman dan memang layak untuk dijadikan tempat beristirahat. Akan tetapi akan lebih baik lagi jika anda meminum sedikit kopi dan tidur sejenak, paling tidak tidurlah selama 15 menit untuk mengembalikan stamina dan menjernihkan pikiran anda.
Perjalanan jauh memang bisa terasa sangat melelahkan. Akan tetapi jika anda berkendara dengan mobil Toyota, perjalanan anda tidak akan terasa begitu melelahkan. Bahkan anda bisa berkendara dengan nyaman.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;

Komentar