Tips Mengganti Filter Udara

Tips Membersihkan Filter Udara Mobil
Filter udara pada mobil memegang peranan yang cukup penting dalam menjaga tenaga yang dihasilkan mobil, karena filter udara mobil digunakan untuk menyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Udara yang berkualitas dapat meningkatkan performa mesin baik tenaga maupun umur hidup mesin, udara berkualitas baik yang dimaksud adalah udara yang bersih (tanpa kotoran atau debu) dan udara dengan suhu yang dingin.

Filter udara yang sudah terlalu kotor perlu diganti dengan yang baru untuk menjaga performa mesin itu sendiri. Akan tetapi, jenis filter yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan mobil dan berdasarkan jenisnya yang berlainan. Ada dua jenis filter yang biasa digunakan untuk mobil dengan transmisi yang berlainan.
  • Filter udara aftermarket dengan tipe drop ini sangat sesuai untuk mobil dengan transmisi otomatis karena filter udara ini akan bekerja dengan baik pada putaran mesin yang rendah. Meskipun demikian, ada beberapa pengemudi yang lebih memilih memasang filter udara tipe open pod untuk mobil bertransmisi manual.
  • Filter udara open pod sebenarnya lebih cocok digunakan pada mobil dengan transmisi manual karena saat putaran yang terjadi pada mesin masih cukup tinggi, pemindahan gigi masih dimungkinkan dengan filter udara ini.
  • Filter udara sering dianggap sepele oleh banyak orang, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa jika ingin mengoptimalkan kinerja mesin dan memastikan bahwa Anda bisa berkendara dengan aman, filter udara perlu diganti jika saatnya tiba. Tentu masih ada banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga performa mesin.
Satu hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah mengganti oli dan filter sesuai dengan instruksi yang dicantumkan dalam buku manual mobil anda. Penggunaan oli di berbagai bagian termasuk rem, transmisi, dan power steering perlu dicek untuk menjamin keselamatan dan performa mobil anda.

Faktor ban juga perlu mendapatkan perhatian lebih, paling tidak sebulan sekali untuk memastikan bahwa tekanan angin pada ban sesuai dengan kebutuhan agar mobil lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dan juga memperpanjang umur ban itu sendiri.

Sistem penyaringan udara dalam mesin perlu diperiksa paling tidak setiap dua bulan atau saat ganti oli agar kotoran yang menyumbat bisa dibersihkan. Filter udara kabin juga perlu diperiksa secara teratur untuk memastikan bahwa udara yang dihirup di dalam kendaraan berkualitas.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;