Periksa Kaki-kaki Mobil Bekas

Tips Merawat Kaki Kaki Roda Mobil, Perhatikan Bearing Roda
Kondisi jalan di Indonesia yang tidak bersahabat, banyak lubang, dan tidak mulus, bisa menyebabkan umur dari kaki-kaki mobil anda menjadi tidak awet atau cepat rusak. Mungkin beberapa orang masih menyepelekan masalah ini karena efeknya tidak akan langsung terasa dan yang paling utama mobil tetap masih bisa berjalan dengan normal, tetapi untuk jangka panjang hal ini akan merusak kaki-kaki pada mobil. Sehingga menyebabkan sistem kemudi yang tidak stabil.

Kerusakan pada bagian kaki mobil menyebabkan perjalanan anda terganggu dengan ayunan mobil menjadi tidak normal seperti biasanya pada saat berjalan lurus ataupun di belokan, rem menjadi tidak pakem dan lain sebagainya.

Anda tidak perlu membawanya ke bengkel untuk memastikan kondisi kaki-kaki mobil masih dalam keadaan layak pakai. Cek kondisi mobil sebelum mengalami kerusakan, yang dapat mengakibatkan kecelakaan yang tidak diinginkan.

Kaki-kaki mobil yang ada di bagian bawah mobil anda harus selalu dijaga kekuatannya. Pengecekan secara rutin akan sangat penting, agar anda bisa menjaga performa mobil anda agar tetap baik. Kaki-kaki mobil yang bermasalah akan menyebabkan ketidaknyamanan saat anda berkendara mengelilingi kota.

Banyak kecelakaan fatal yang terjadi akibat kurangnya perawatan dan pengecekan pada kaki-kaki mobil mereka. Karena alasan inilah anda harus selalu mengecek dan memperhatikan keutuhan dan kinerja dari kaki-kaki mobil tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengecek bagian kaki-kaki mobil yang mungkin rusak.

1. Bearing roda
Untuk mengecek kekuatan bearing roda, anda bisa mendongkrak mobil anda. Setelah roda anda terangkat, anda bisa memutar roda dengan tangan anda. Saat roda berputar, dengarkan suara yang dihasilkan oleh putaran tersebut. Jika tidak terdengar suara pada bearing saat roda diputar, berarti bearing dalam keadaan baik dan aman.

2. Shockbreaker
Agar anda bisa memeriksa kualitas dari shockbreaker anda harus mengendarai mobil anda dan melewati polisi tidur yang ada. Saat melewati polisi tidur, jika ayunan yang anda rasakan hanya satu kali, berarti shockbreaker anda berada dalam kondisi yang baik. Apabila ayunan yang anda rasakan lebih dari itu, artinya shockbreaker anda memerlukan perawatan yang lebih.

3. Spooring
Cara pengecekannya adalah dengan memacu mobil anda dengan kecepatan sekitar 60 km/jam. Posisi kemudi pada saat itu harus lurus. Jika pada saat mengemudi lurus tersebut mobil anda melenceng ke kanan atau ke kiri, berarti anda harus melakukan spooring secepatnya pada mobil anda.

4. Velg
Untuk pemeriksaan velg, anda harus mengendarai mobil anda dengan kecepatan diatas 80 km/jam. Saat kecepatan tersebut tercapai, anda harus memperhatikan kemudi anda. Jika kemudi anda bergetar, berarti posisi velg anda tidak seimbang atau tidak sejajar.

5. Roda
Mengecek keadaan roda mungkin menjadi cara yang paling mudah dan cepat. Jika anda melihat tampilan roda anda sudah tidak mengembang, retak-retak, atau terlihat menipis, anda harus segera mengganti roda anda dengan yang lebih baik.

6. Rem
Pemeriksaan rem dapat dilakukan dengan mengendarai mobil anda hingga kecepatan 60 km/jam. Setelah bisa mencapai kecepatan tersebut, anda harus menginjak rem mobil anda. Jika anda harus menginjak pedal rem lebih dalam dari normalnya, maka ada kemungkinan booster rem anda sudah cukup bermasalah.

Selain itu, jika saat anda menginjak rem pertama dan kedua kali memiliki tekanan yang berbeda, maka kemungkinan minyak rem pada mobil anda sudah berkurang. Masalah lain adalah jika saat anda mengerem, tiba-tiba mobil anda berbelok arah, maka masalah yang terjadi kemungkinan kaliper rem kiri atau kanan anda bermasalah.

Itulah beberapa cara untuk mengecek kualitas dari beberapa bagian kaki-kaki mobil anda yang mungkin bisa mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;

Komentar