Jangan Keliru Memilih Oli

toyota genuine motor oil
Oli yang bertugas sebagai pelumas mesin memang menjadi salah satu bahan yang paling diperlukan untuk produk mobil. Mobil yang anda kendarai akan terasa tidak nyaman dan lebih cepat rusak jika anda tidak memberikan oli pada mesin mobil anda. Kenyamanan mengemudi akan terganggu karena kurangnya oli yang ada pada mesin.

Saat ini ada berbagai macam jenis oli yang beredar di pasaran. Oli yang sudah diolah dengan menambahan bahan-bahan yang baik untuk mesin menjadi hal yang sangat diperlukan oleh para pemilik mobil. Walaupun ada banyak produk yang beredar di pasaran, anda harus tetap berhati-hati dalam memilih produk oli yang akan anda gunakan. Berikut ini adalah beberapa tips untuk anda yang ingin memilih oli terbaik untuk mobil anda.

Perhatikan spesifikasi kendaraan anda
Sebelum menentukan jenis produk oli mana yang ingin anda gunakan, akan lebih baik jika anda mengenali spesifikasi mobil anda terlebih dahulu. Hal ini sangat penting agar oli yang anda pilih bisa sesuai dan tidak merusak mesin. Dengan mengenali mobil anda, anda akan lebih mudah mendapatkan produk oli yang paling sesuai. Untuk mengetahui spesifikasi mesin mobil anda, anda dapat melihatnya pada buku manual yang anda dapatkan saat membeli mobil tersebut. Setiap informasi yang ada pada buku manual dapat menjadi acuan untuk anda yang ingin mengetahui mengetahui jenis oli mana yang bisa membuat kinerja mesin mereka semakin baik.

Perhatikan tingkat kekentalan
Oli yang baik biasanya akan memiliki kekentalan yang cukup. Ada beberapa tingkatan kekentalan yang ada pada produk oli yang beredar. Untuk mobil-mobil saat ini yang berlabel VVT, VVT-i, dan sebagainya biasanya akan lebih cocok menggunakan oli dengan tingkat kekentalan 10/40 atau 5/30. Anda harus selalu berhati-hati dalam memilih kekentalan oli. Saat ini banyak pengusaha nakal yang memalsukan oli bekas dengan membuatnya terlihat seperti oli yang baru. Oli yang sudah dirubah ini dapat membuat kerusakan yang tidak baik untuk mobil anda.

Oli synthetic untuk mobil berteknologi baru
Untuk mobil-mobil yang berteknologi masa kini dan modern, oli synthetic menjadi oli yang sangat disarankan. Mesin-mesin yang bertenaga tinggi seperti turbo, DOHC, supercharger dan yang lainnya memang membutuhkan oli yang bisa melapisi celah-celah antar logam yang lebih sempit. Dengan menggunakan teknologi yang tinggi, para peneliti membuat oli synthetic agar bisa digunakan pada mesin bertenaga tinggi yang beredar saat ini. Oli synthetic ini akan bisa melindungi dan melapisi mesin dengan lebih sempurna dibandingkan dengan oli jenis lain.

Perhatikan kode kekentalan
Kode kekentalan yang ada pada kemasan kaleng oli harus selalu diperhatikan. Kode yang ada ini akan membantu anda mengetahui tingkat kekentalan dari produk yang anda beli. Tidak menjadi masalah jika anda ingin beralih ke merek oli lain. Cukup dengan mengikuti kode kekentalan yang ada pada kemasan, anda dapat menemukan produk oli yang paling pas untuk anda tanpa perlu memilih merek oli yang sama.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;

Komentar