Efisiensi Mobil Untuk Transportasi Kantor

Efisiensi Mobil Untuk Transportasi Kantor
Mobil untuk keperluan transportasi kantor sangat erat kaitannya dengan mobil dinas yang biasa digunakan oleh para pejabat. Persamaan dari kedua mobil ini adalah mobil tersebut merupakan fasilitas dari kantor yang dimaksudkan untuk membantu transportasi ketika menjalankan tugas yang diberikan oleh kantor.

Khusus untuk para pejabat, terutama pejabat yang baru terpilih menjadi kepala pemerintahan baik bupati, walikota, maupun gubernur, beberapa di antaranya mempunyai kesempatan untuk membeli mobil dinas baru yang mungkin dianggap bisa memberikan dukungan yang lebih baik bagi kinerja pejabat tersebut dalam menjalankan tugas pemerintahan.

Akan tetapi, peluang untuk membeli mobil dinas baru tidak digunakan oleh gubernur Jakarta, Joko Widodo. Pria asli Solo yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam memimpin ibu kota ini memilih menggunakan kendaraan dinas yang dulu digunakan oleh Fauzi Bowo saat masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

Saat masih menjabat sebagai walikota Solo pun Jokowi memilih memberdayakan mobil Esemka yang merupakan hasil rakitan para pelajar setempat sebagai kendaraan dinasnya dalam kegiatan sehari-hari dalam menjalankan tugas sebagai kepala pemerintahan kota Solo.

Sebenarnya, penghematan kendaraan dinas baik untuk kantor pemerintahan maupun kantor lainnya perlu dilakukan agar penggunaan anggaran bisa semakin efisien sehingga ada alokasi dana lebih yang bisa digunakan untuk pos pembiayaan lain baik dalam pemerintahan maupun dalam perusahaan.

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan masak-masak oleh pembuat kebijakan baik di ranah perusahaan maupun ranah pemerintahan dalam mengupayakan penghematan dalam pengadaan mobil dinas atau mobil kantor seperti berikut:
  • Khusus untuk mobil dinas pemerintahan, usia pembelian kendaraan bisa lebih diperpanjang karena selama ini pembaharuan mobil dinas pemerintah dilakukan setiap lima tahun sekali sementara jika pembaharuan kendaraan dilakukan setiap sepuluh tahun sekali, kendaraan yang ada masih cukup layak untuk mendukung kinerja pejabat atau pegawai misalnya.
  • Batas anggaran yang ditetapkan untuk mobil dinas atau kantor juga perlu diturunkan. Jika bisa memanfaatkan mobil dinas dengan harga yang cukup terjangkau selama masih berfungsi baik, tidak perlulah perusahaan atau pemerintah menganggarkan dana hingga ratusan juta rupiah untuk membeli mobil dinas/kantor yang lebih mahal.
  • Satu hal yang perlu ditekankan dalam penggunaan mobil dinas/kantor adalah pemakaian mobil yang hanya dikhususkan untuk keperluan kantor/dinas. Jika hal ini dilakukan, tentu umur mobil akan jauh lebih lama dan lebih awet sehingga tidak perlu mengganti kendaraan terlalu sering.
Tidak bisa dipungkiri bahwa mobil tidak hanya penting dimiliki untuk keperluan pribadi melainkan mobil juga sangat diperlukan oleh pejabat pemerintah dan perusahaan dalam menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan tugas. Pemilihan mobil dan penghematan tentu akan semakin mengoptimalkan fungsi mobil itu sendiri.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan di Toyota Surabaya, dengan klik link di bawah ini;

Komentar