Lima Pilihan Dyna yang Sangat Menarik

harga mobil truk bekas toyota dynaLima Pilihan Toyota Dyna yang Sangat Menarik - Seperti mobil penumpang, di kategori komersial, Toyota juga menghadirkan kendaraan komersial dengan pilihan sangat beragam. Khusus untuk komersial, Toyota hanya menyediakan atau memasarkan truk ringan (light truck) di Indonesia dengan nama Dyna. Ketangguhan Dyna di off-road dan tanjakan sudah diakui banyak konsumen berbagai daerah di Indonesia. Lima Pilihan Toyota Dyna yang Sangat Menarik.

Tahun ini, Toyota memberikan pilihan yang makin beragam bagi pengusaha Indonesia yang memerlukan kendaraan komersial, baik truk maupun untuk mikrobus sebagai andalan usaha.

Kendati ditawarkan lima varian dengan perbedaan kemampuan mesin menghasilkan tenaga dan transmisi, namun aplikasinya sampai 20 macam. Pasalnya, selain varian berdasarkan perbedaan tersebut di atas, juga ada varian berdasarkan jumlah roda atau ban yang digunakan. Dalam hal ini, 6 atau 4-ban. Jadi dari yang besar, panjang sampai yang lebih kecil untuk penggunaan dalam kota atau jarak pendek dengan jalanan mulus.

Berikut varian Dyna berdasarkan tenaga mesin, transmisi dan penggunaannya.

Heavy Duty (6-ban): 130HT
Inilah kasta tertinggi dari rangkaian Dyna. Kehebatannya, direkayasa dan dirancang sebagai pekerja berat untuk medan off-road dan tanjakan (daerah pergunungan). Tepatnya untuk membawa material, seperti pasir dan batu dari tempat pengaliannya, pertambangan dan perkebunan. Juga cocok dan sudah banyak yang menggunakan sebagai carrier untuk jarak sangat jauh dengan medan penuh tanjakan.

Salah satu konsumen yang sudah membuktikannya adalah Sapriadi, 32 tahun dari Maros, Sulawesi Selatan yang mengandalkan Dyna 130HT untuk membawa bawang merah dari Makassar sampai Gorontalo, Manado dan Kendari.

“Saya sudah lama menggunakan Dyna. Mampu membawa muatan 9 ton. Kalau merek lain, 8 ton sudah kepayahan dan tidak kuat lagi menanjak. Dengan Dyna tidak ada masalah. Karena itulah, sampai sekarang saya tetap menggunakan Dyna 130HT. Karena setiap rit bisa membawa muatan lebih banyak 1 ton. Dari segi bisnis transportasi, kondisi seperti tersebut jelas sangat menguntungkan,“ beber Sapriadi di kantornya, Maros.

Kelebihan Dyna 130HT 6-roda, menggunakan mesin 4.000cc turbocharger yang menghasilkan tenaga 130PS dengan emisi standar Euro-2. Hebatnya lagi, tenaga tersebut dihasilkan pada putaran rendah, 2.700 rpm. Tak kalah menarik, torsi, 38,0 kg-m juga diperoleh pada putaran rendah, 1.800 rpm.

Dengan kemampuan tersebut, tersebut membuat Dyna sebagai truk yang kuat dan irit bahan bakar. Kemampuan menanjaknya juga hebat dan pengemudi tidak perlu menekan gas dalam-dalam.

Tidak hanya mesin yang dirancang dan direkayasa untuk membuat 130 HT paling kuat di kelasnya. Dari perbandingan gigi gardan atau final rasio, membuat Dyna yang satu ini semakin tangguh dan raja tanjakan. Pasalnya, untuk membawa beban berat dan bisa lolos dari rintangan jalan yang rusak atau tanjakan berat, Toyota menggunakan perbandingan gigi gardan 6,428.

Dengan ini pula, Gross Vehicle Weight (GVW) tertinggi di kelasnya, 8.250 kg. Malah, di lapangan sering dipaksa “overload” sampai 9 ton namun semuanya berjalan lancar (kecuali ban jadi cepat habis).

Bahkan, bila ingin digunakan di medan yang lebih berat dan muatan banyak, Toyota juga menyediakan 130HT dengan perbandingan gigi gardan 6,833. Hasilnya, membuat Dyna semakin tangguh dan tiada duanya di tanjakan. Dalam hal ini, tidak hanya mesin dan transmisi yang dirancang paling top di kelasnya, juga kekuatan sasis, seperti per daun, rem dan kopling.

Tak kalah menarik, pengemudi juga makin senang dan mudah bekerja. Pasalnya, Toyota kini melengkapi Dyna 130HT dengan power steering. Lima Pilihan Toyota Dyna yang Sangat Menarik.

Komentar