Toyota Land Cruiser : Raja Kecil

Dealer Toyota Palangkaraya, KalimantanToyota Land Cruiser seringkali disebut sebagai rajanya 4x4, pada tahta tertinggi dalam kerajaan Toyota. Dan supremasi ini dipegang teguh oleh pabrikan Jepang tersebut. Prado merupakan tipe light duty dari sebuah Land Cruiser, dan dihadirkan bukan untuk menyaingi Toyota Land Cruiser.
Kemunculannya ini praktis membuka satu segmen kelas baru yang ditempatkan di bawah kasta Land Cruiser besar. Namun, bagaimana pun juga, darah sebagai legenda 4x4 yang diwariskan dari leluhurnya tetap saja menjadikannya raja kecil, yang tentunya ditempatkan pada pangsa pasar yang berbeda dengan Land Cruiser besar.

Seperti halnya kemunculan Land Cruiser 200 yang mendapat sambutan meriah di seluruh dunia, generasi IV Prado pun tak kalah mencuri perhatian. Bahkan sebelum dilempar di pasar, pertengahan tahun 2009 silam gambar generasi terbaru Prado ini muncul di dunia maya dan santer menjadi bahan perbincangan.

Terdapat tiga pilihan mesin bagi Prado. Mesin 2,7 liter 2TR-FE yang juga dipergunakan pada Toyota Fortuner sebagai pilihan yang mendampingi mesin V-6 1GR-FE yang dicomot dari FJ Cruiser. Sedangkan mesin 4 silinder diesel D4D 1KD-FTE turbo commonrail yang juga merupakan standar Hilux Vigo dipersiapkan sebagai pilihan.

Tubuh lebih mungil dari 200 series dan hanya dipersenjatai dengan mesin lebih kecil bukan lantas menjadikan Prado sebagi SUV yang pantas dipandang sebelah mata. Sejumlah piranti canggih yang juga dipersenjatakan pada Land Cruiser 200 dapat pula ditemui pada SUV rakitan Tahara Plant Aichi Jepang ini.

Sebut saja Kinetic Dynamic Suspension System (KDSS) yang membantu kestabilan di jalan raya dan Crawl Control, fitur kendali stabilitas dengan torsion bar aktif yang membantu ketika menuruni bukit-bukit.

Sebagai bagian dari legenda 4x4 dunia, Prado dilengkapi dengan sistem 4x4 canggih yang pengoperasiannya cukup dengan memutar tombol pada dasbor, selain itu kemampuan 4x4 kian mumpuni dengan kehadiran fitur Multi-terrain Select yang mengontrol tenaga dan rem secara otomatis untuk mengoptimalkan traksi pada berbagai permukaan jalan. Kondisi di sekeliling kendaraan dipantau oleh empat buah kamera yang ditampilkan lewat Multi-terrain Monitor yang tertanam pada tengah dasbor. Selain itu terdapat pula fitur Steering Angle Display yang bisa memberikan prediksi bagi pengendara dalam bermanuver ketika melalui medan yang sulit.

Tiga deret kursi yang diimilikinya memungkinkan Prado mengangkut 8 orang sekaligus dengan nyaman, dan untuk trim level tertinggi, baris ketiga dari kursi tersebut dapat diaktifkan secara elektrik. Para penghuni kabin Prado kian betah dengan alunan Alunan musik pun terdengar dari 14-speaker dari sistem JBL Synthesis 7.1-channel surround, navigasi via Hard disc drive dan perpustakaan musik, ditambah fitur Bluetooth standar dan MP3.

Mengenai fitur keselamatan, Prado baru ini mengadopsi tujuh airbag, termasuk airbag lutut pada pengendara, sandaran kepala depan aktif serta ABS. Dengan segala kemampuan dan fiturnya ini, tak mengherankan jika Prado ditempatkan sebagai raja kecil dalam khasanah produk 4x4 Toyota mendampingi Toyota Land Cruiser.

Komentar