Toyota Avanza 1.3 G AT : Makin Enak di Kota

Harga AvanzaToyota Avanza 1.3 G AT Tanpa sentakan pada transmisi otomatisnya.

MENJELANG tutup tahun 2009, PT. Toyota Astra Motor (TAM) menambah dua varian baru di jajaran Toyota Avanza. Sebelumnya Tipe 1.3 E dan 1.3 G hanya dibekali transmisi manual (MT), namun saat ini juga telah dilengkapi transmisi otomatis (AT). Yup, Avanza 1.3 AT telah kembali, setelah dihentikan produksinya selama dua tahun (Tipe 1.3 S AT).

Avanza 1.3G AT dan 1.3E AT ini jadi suguhan baru. Masih berbekal jantung pacu 4-silinder segaris 1.298 cc yang dilengkapi teknologi VVT-i, dengan tenaga 92 hp dan torsi 119 Nm, bobot 1.3 GAT tak mengalami peningkatan luar biasa, hanya bertambah 15 kg dari versi 1.3 G MT, menjadi 1.060 kg.

Di dalam kabin, New 1.3 G AT yang kami uji mendapat sentuhan aksen kayu pada panel pintu hingga dashboard. Walaupun jok lebih datar, namun tetap memberi posisi berkendara yang relatif baik saat berlama-lama di balik kemudi.

'Gate type shift lever' menjadi hal yang baru bagi 1.3 AT. Memang, sebelumnya tuas transmisi otomatis model segaris jadi andalan di varian terdahulu (1.3 S AT). TAM meyakini transmisi model 'gate type shift lever' pada New 1.3 AT akan mengurangi peluang kesalahan pada pengoperasian transmisi dan tentunya memberi kemudahan selama berkendara.

Perbandingan empat gear pada Avanza 1.3 AT masih berbagi platform dengan New Avanza 1.5 S AT. Namun, yang membedakan 1.3 AT adalah pada final gear ratio yang menggunakan perbandingan lebih besar hingga 5,571. Sedangkan 1.5 S AT memiliki final gear ratio 5,125.

Seperti kebanyakan mobil bertransmisi otomatis, timbulnya dilema dari kebanyakan pengemudi adalah pada akselerasi. Pihak Toyota mengedukasi bahwa transmisi Avanza ketika di posisi D tidak langsung memposisikan di gear 1, namun ke posisi gear 2. Hal ini untuk mengurangi sentakan atau mobil mengayun saat mulai melaju. Pengaturan transmisi otomatis seperti ini tidak memberi pengaruh buruk terhadap laju dan kelincahan Avanza 1.3G AT. Walaupun hanya berbekal mesin 1,3 liter, jalur Puncak, Bogor, yang menanjak mampu ditaklukkan dengan manis. Tapi, perlu ruang yang leluasa untuk melakukan overtaking.

Saat melaju tenang 80-100 kpj di jalan tol, kami tak menemui terpaan angin yang mengganggu pada mobil yang mampu mengangkut tujuh penumpang ini. Suspensi MacPherson di depan dan 4-Link di belakang juga nyaman. Melaju hingga 120 kpj, keempat kaki Avanza menapak mantap.

Kami lebih senang saat membawa 1.3 G AT di jalan dalam kota. Lingkar kemudinya berputar tak terlalu ringan, namun cukup sigap bila harus mengarahkan moncong Avanza membelah padatnya lalu-lintas. Apalagi transmisi otomatisnya akan sangat membantu menjaga konsentrasi.

Peranti deselerasi Toyota Avanza 1.3 G AT terbilang baik untuk pengendalian. Di keluarga Avanza, teknologi ABS baru tersedia di varian 1.5 S. Kami sarankan saat menemui jalan menurun dan berliku, mainkan gear 3 atau gear 2 untuk membantu pengendalian mobil. Hindari menginjak pedal rem secara penuh dan mendadak karena bisa mengakibatkan roda mengunci.

Mobil ini ditawarkan dengan banderol yang cukup menggiurkan. Harga Avanza semenjak tampil perdana tahun 2004 hingga kini masih memberikan resale value yang memuaskan.

* Toyota Avanza : Manual Atau Matik Sama Aja

Untuk informasi Toyota Avanza terbaru, silahkan klik dibawah ini:
Harga AvanzaInterior AvanzaEksterior AvanzaFitur Keselamatan AvanzaFitur Kenyamanan AvanzaSpesifikasi AvanzaPilihan Warna AvanzaFoto Gambar AvanzaKredit AvanzaBrosur AvanzaPanduan AvanzaAksesoris Avanza
Untuk pemesanan Toyota Avanza Baru, silahkan klik dibawah ini:
PT. Liek Toyota - Dealer Toyota Surabaya, Jawa Timur

Komentar