Toyota New Alphard WelCab : Untuk Yang Berkemampuan Khusus

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Surabaya Terima Tukar Tambah Mobil Bekas Angsuran DP Ringan Diskon BesarOrang yang mempunyai kemampuan khusus atau bisa juga disebut ketunaan, tak perlu repot lagi menumpang di dalam kendaraan. Telah banyak pabrikan mobil yang membuat kendaraan untuk orang dengan tantangan istimewa itu. Salah satunya Toyota Alphard WelCab 2009. Bermesin 2.400 cc generasi kedua klan Alphard ini, baru pertama kali ada di Indonesia. Segmen jualannya memang ditujukan untuk orang yang memakai kursi roda. 

2 IN 1
Istilah WelCab sudah beberapa tahun silam dipakai Toyota. Mobil ini didesain khusus bagi penyandang cacat. Tetapi istilah itu kurang begitu tepat, karena bisa saja untuk seseorang yang tidak bisa jalan karena cedera kaki atau lanjut usia. Lebih bijak disebut orang berkemampuan khusus, karena setiap orang punya kemampuan berbeda-beda. Atau orang yang memiliki tantangan istimewa, sebab menghadapi tantangan dengan caranya sendiri sehingga jadi istimewa karena berbeda dengan orang lain.Nah, di Jepang hampir semua pabrikan lokal membuat mobil dengan kursi khusus tersebut, baik tipe sedan maupun MPV. Modelnya tak beda jauh, seperti untuk penumpang depan, belakang dan juga sekaligus mengangkut kursi roda di bagasi belakang.

Terminal Motor, IU di Kelapa Gading, Jakarta Utara, memilih Alphard karena masuk kategori best seller. Bedanya, WelCab yang dihargai Rp 925 juta ini memiliki kursi tengah yang bisa digerakkan dan dilepas melalui pengoperasian remote control. Joknya berfungsi ganda, selain sebagai tempat duduk normal di dalam mobil (dapat dimajumundurkan dan sandarannya bisa direbahkan atau ditegakkan), juga jadi kursi roda. Tempat duduknya bisa dibelokkan menghadap arah luar. Dengan tombol remote yang terdapat di belakang sandaran kursi depan, kursi yang sudah dilengkapi 4 roda ini dapat diturunkan. Kursi bisa dipisahkan dari relnya dan langsung dibawa jalan jika sudah benar-benar menapak di landasan.

Sandaran belakang yang dilengkapi handle bar berikut pengunci pengaman, memudahkan orang lain mengendalikan jok yang telah berfungsi jadi kursi roda. Penumpang berbadan bongsor tak perlu khawatir, joknya mampu membawa beban seberat 90 kg lebih.

"Tidak semua IU mau memasukkan mobil jenis ini, padahal permintaan tetap ada," terang Benny Susilo, GM Terminal Motor. Maka jadilah Alphard WelCab di Terminal Motor ini yang pertama di Indonesia.