Test Drive Toyota All New Corolla Altis 2.0 V - Sedan Nyaman Setengah Sporty

Dealer Resmi Mobil Toyota Baru Terbaik Surabaya Terima Tukar Tambah Mobil Bekas Angsuran DP Ringan Diskon BesarSebagai varian tertinggi di jajaran Altis, Corolla Altis 2.0 V A/T mendapat suntikan tenaga segar dari mesin anyar 3ZR-FE. Performanya? Makin kencang.

Sekilas, tidak ada yang berubah dari penampilan luar sedan seharga Rp 372,5 juta itu. Aura perpaduan Altis baru dan Camry sangat melekat.Yang cukup mencolok adalah grill model mesh. Selain kesan sporty makin mengental, sisi aerodinamika juga lebih menonjol. Motif sarang tawon plus bingkai berlapis chrome cukup rapi, tak ada lagi dual-horizontal bar.

Kesan sporty stylish terasa. begitu pintu dibuka dan duduk di belakang kemudi. Ibarat hotel, Altis 2.0 sudah bertabur ornamen bintang lima. Jok kulit warna beige serta panel kayu di konsol tengah dan trim pintu membuatnya elegan. Aura sporty terasa di lingkar kemudi 3-spoke yang dilengkapi fitur pengatur audio, paddle shift dan cruise control.

Kenyamanan di kabin terkesan eksklusif berkat layar monitor touch-screen 7 inci head unit double DIN yang menyediakan radio/CD/DVD/MP3/WMA plus AUX input dan fasilitas navigasi GPS (optional). Untuk mengaktifkan navigation box serta installation kit GPS, cukup menambah Rp 9 jutaan.

Posisi mengemudi Altis terbaru memang nyaman, apalagi dilengkapi sistem pengaturan posisi setir model tilt dan telescopic. Menghidupkan mesinnya tak lagi menggunakan kunci manual biasa, cukup menekan tombol Start/Stop.

Urusan performa di atas kertas, Toyota Corolla Altis bermesin "noceng" (2.000 cc) ini sudah pasti unggul ketimbang varian bermesin 1.800 cc. Angka tenaganya 153 dk di putaran 5.600 rpm, lebih besar 9 dk dari pendahulunya. Ini adalah mesin terbaru generasi Corolla yang sudah dilengkapi Dual VVT-i.

Dual VVT-i berarti konfigurasi langkah piston lebih besar daripada diameternya,memungkinkan mesin menghasilkan torsi besar pada rpm rendah. Hasilnya cukup mengesankan. Entakan tenaga terasa sekali sejak putaran bawah.

Pengemudi dibuat tercekam ketika gas dimainkan. Respons akselerasi sangat cepat, jauh melebihi pendahulunya. Ini berguna sekali saat pengemudi membutuhkan akselerasi mendadak ataupun ingin mendahului kendaraan lain. Mesin mampu menyajikan tenaga instan tanpa menunggu putaran mesin meningkat ke rpm tinggi.

Kompensasi tenaga pada konsumsi BBM lumayan. Altis masih sanggup "nenggak" bensin oktan 92 (Pertamax) 9-10 liter pemakaian dalam kota. Luar kota diperkirakan antara 1:11-13.

Tapi itu memang konsekuensi. Ingin ngebut hendaknya enggak mikir bensin bukan? Untuk menunjang penyuka kebut-kebutan, ada paddle shift di balik setir. Tidak perlu repot mencolek tuas transmisi untuk memindahkan gigi secara manual. Gearbox Super ECT yang sudah pintar kini lebih cerdik.

Perbedaan pada posisi D dan S berpengaruh pada tarikan. Kick down pada kedua posisi ini mampu mengekstrak tenaga dengan baik. Fitur Hill Sensing Control System menahan gigi 3 saat menghadapi turunan kencang dengan tuas pada posisi D.

Suspensi? Sudahlah,pasti enak, khas Corolla yang dikenal cukup nyaman. Perpaduan suspensi Mc-Pherson strut plus coil spring & stabilizer bar (depan) dengan torsion, beam plus coil spring & stabilizer menghasilkan rasa nyaman bagi penumpang belakang. Tapi ada satu yang mengganggu. Suara ban dan kekedapan yang mungkin harus membuat kita sedikit lebih bersabar.