Toyota All New Prius : Goresan Tinta Sejarah

Toyota All New PriusToyota memulai babak baru sejarah perjalanan Prius di NAIAS 2009 bersamaan dengan peluncuran Toyota All New Prius. Melalui Prius generasi ketiga ini Toyota ingin menjadi pemimpin dunia di kendaraan hybrid.
Sejak generasi pertama Prius dijual pada 2007, mobil hybrid ini telah dibeli lebih dari 1 juta konsumen di seluruh dunia. Dan hadirnya Prius terbaru yang mengusung tekhnologi lebih canggih diharapkan akan mendongkrak prestasi tersebut.

Teknologi hybrid terbaru pada Prius dinyatakan Toyota akan meningkatkan penghematan bahan bakar, performa, dan memperkecil emisi.

Hal ini terjadi mengingat Prius bisa berjalan hanya dengan memanfaatkan mesin bensin atau motor listrik serta penggabungan keduanya.

New Prius mengadopsi mesin bensin 1.8-liter VVT-i, yang mampu menghasilkan tenaga 98 hp pada 5.200 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.000 rpm.

Sementara teknik rancang bangun ulang pada sistem Hybrid Synergy Drive telah menghasilkan pengurangan bobot dan pemangkasan dimensi. Terobosan ini jelas meningkatkan efisiensi dari teknologi itu sendiri.

Selain itu, keuntungan pengurangan berat juga dilakukan dengan pengaplikasian material aluminium ringan dan baja bertekanan tinggi pada rangka bodinya.

Bahkan desain All New Prius yang lebih aerodinamis (0,25 Cd) juga menjanjikan berkurangnya konsumsi bahan bakar. Nilai aerodinamis ini diklaim Toyota sebagai yang terkecil untuk sebuah kendaraan penumpang produksi massal.

Prius terbaru juga dirancang menggunakan platform baru demi menghasilkan pengendalian yang lebih baik, serta volume kabin yang luas. Bahkan aliran udara ke bawah yang semakin baik juga mendukung tercapainya performa yang lebih baik.

Secara umum desain Prius terbaru masih mempertahankan bentuk model terdahulu. Hanya saja dimensi All New Prius kini lebih panjang. Penambahan tinggi juga memberi ruang ekstra bagi kepala yang cukup baik.

Keistimewaan lain dari Prius terbaru adalah tersedianya ruang bagasi yang lebih lapang. Sekali lagi, hal ini merupakan keuntungan dari sistem Hybrid Synergy Drive yang berukuran padat.

***

Spesifikasi
Toyota All New Prius

Mesin: 1.8-liter 4-silinder VVT-i
Tenaga maksimum: 98 hp @ 5.200 rpm
Torsi maksimum: 142 Nmt @ 4.000 rpm
Motor elektrik: Permanent magnet synchronous motor
Tenaga motor elektrik: 80 hp/207Nm
Tenaga sistem hybrid: hp
Rating emisi: SULEV (dengan AT-PZEV)
Transmisi: Electronically controlled continuously variable (CVT)
Gerak roda: Depan
Hybrid battery pack: Nickel-metal hydride
Konsumsi BBM: 21 km/liter (kombinasi)

DIMENSI

Panjang
: 4.460 mm
Lebar: 1.744 mm
Tinggi: 1.490 mm
Sumbu roda: 2.700 mm
Ground clearance: 140 mm
Coefficient of Drag: 0.25
Velg: Aluminium 15-inci, 17 inci (opsional)
Ukuran ban: 195/65R15, 215/45R17 (opsional)
Kapasitas bangku: 5 penumpang