Passo Sette - 7 Seater yang Akrab dengan Wanita

Toyota Passo SetteSecara resmi pada 25 Desember 2008, Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Co., Ltd. melansir mobil terbaru tujuh penumpang yang dijual di Jepang. Diantaranya, Toyota Passo Sette dibandrol 1,490 juta Yen dan Daihatsu Boon Luminas dihargai 1,535 juta.

Mobil yang saling berbagi platform ini memiliki dimensi panjang 4.180 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Adapun untuk jarak sumbu roda mencapai 2.750 mm, diklaim untuk menciptakan kestabilan saat berkendara.

Untuk mesin sama-sama menggunakan 1.5 liter 3SV-VE dan hanya bertransmisi otomatis empat percepatan. Kapasitas silinder lebih tepatnya 1.495 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 109 hp pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.400 rpm. Disediakan pilihan gerak roda depan dengan konsumsi bahan bakar 15,6 km per liter. Sementara gerak roda empat memiliki konsumsi bahan bakar 14,6 km per liter.

Keduanya terdapat tiga baris penumpang dan menawarkan ruang kabin lega untuk tujuh penumpangnya. Panjang interior mencapai 2.550 mm, lebar 1.415 mm dan tinggi 1.310 mm. Pada ruang kemudi diyakini sangat ergonomis dan juga mudah dikemudikan dengan radius putar mobil mencapai 5,2 meter.

Baik Passo Sette dan Boon Luminas menyajikan kekedapan kabin yang sempurna. Hal ini berkat penggunaan material pilihan pada kabin dan letak posisi mesin tepat. Bagi pengendara yang menginginkan berkendara lebih hemat terdapat lampu indikator Eco-Drive di ruang meter cluster.

Fitur yang disajikan berupa driving-assistance dan diklaim sangat ramah bagi pengemudi wanita. Passo Sette dan Boon Luminas menawarkan ruang gerak yang cukup bagi ibu muda yang memiliki anak kecil.

Pendukung kenyamanan penumpang selama berkendara kedua kendaraan telah dilengkapi entertainment. Berupa layar monitor tujuh inci, DVD-player dan headphone output. “Music Server” dengan CD player, AM/FM stereo dan in-built flash memory yang mampu menyimpan 660 menit konten lagu.

Fitur keselamatan sangat dinomor satukan pada Passo Sette dan Boon Luminas. Vehicle Stability Control (VSC) yang memonitor traksi lateral pada permukaan jalan licin dan secara otomatis mengontrol performa mesin dan distribusi rem. Fitur Traction Control memungkinkan pengendara lebih mudah berakselerasi di permukaan licin.

Fitur keselamatan kabin diantaranya adalah enam airbag berfitur Supplemental Restraint System (SRS) airbag jendela yang melindungi hingga tiga baris penumpang dan SRS side airbag penumpang depan menjadi fitur standar.

Sandaran kepala penumpang depan dan pengemudi telah dilengkapi fitur whiplash untuk meminimalkan cidera saat terjadi tabrakan dari belakang. Passo Sette menamainya Active Headrest. Sementara Boon Luminas bernama Dynamic Support Headrest. Konstruksi bodi telah memiliki standar Toyota Global Outstanding Assessment dan Daihatsu Total Advanced Fuction.

Uniknya, Toyota Passo Sette memiliki arti nama pada “Sette”. Diambil dari bahasa Italia yang berarti tujuh tempat duduk. Adapun Daihatsu Boon Luminas mengandung dua arti kata dari bahasa Inggris yakni Roomy dan Luminous.

Penjualan ditargetkan 3.000 unit perbulan untuk Passo Sette. Sementara Boon Luminas mencapai 500 unit. Keduanya di jahit di pabrik Kyoto Plant, Daihatsu Motor Co., Ltd.

Sampai sejauh ini belum ada konfirmasi dari Toyota Astra Motor (TAM) maupun Astra Daihatsu Motor (ADM) apakah kedua mobil ini akan dipasarkan di Indonesia? Penasaran? Tunggu kabar berikutnya di www.belitoyota.com.

* inilah

Komentar