Toyota Vios : Rahasia Mempertahankan Best Quality IQS

Toyota Vios HargaToyota All New Vios : Rahasia Mempertahankan Best Quality IQS - Meraih prestasi maksimal merupakan kebanggaan sendiri bagi setiap individu ataupun perusahaan. Terlebih dalam hal kepuasan pelanggan, tentu bukan hal mudah untuk bisa dipercaya begitu banyak orang. Sampai prestasi tersebut mampu dipertahankan selama 3 tahun berturut-turut, tentu menjadi kebanggaan luar biasa bagi siapapun. PT. Toyota Astra Motor (TAM) berhasil membuktikan saat Toyota Vios berhasil meraih predikat sebagai midsize carterbaik Indonesian Initial Quality Service (IQS) 2008 lalu. Toyota Vios : Rahasia Mempertahankan Best Quality IQS.

Hal yang dinilai oleh J.D Power dalam kategori IQS sudah pasti segala sesuatu yang berhubungan dengan kualitas, meliputi kualitas design dan kualitas produk itu sendiri. Maka dari itu tim OTOMOTIF membahas poin-poin penilaian mengapa All New Vios dianugerahi best quality selama 3 tahun berturut-turut.

MESIN

Mesin 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc VVT-i yang diusung New Vios sudah jelas terbukti, durabilitas dari mesin ini selalu menjadi pilihan sebagai mesin operasional yang tahan banting, walaupun dipakai setiap hari, beratus-ratus km, tetap saja mesinnya bandel. Apalagi didukung running cost yang irit tanpa melupakan kenyamanan bagi penumpang dan pengemudinya.

Mesin yang juga dipakai oleh 17 varian lain mobil Toyota ini menghasilkan tenaga 106 dk pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimal mencapai 140 Nm pada 4.200 rpm. Dengan tenaga dan torsi sebesar itu, banyak keuntungan yang didapat. Yang pasti mobil semakin nyaman untuk dikendarai.

Teknologi Intelligent Drive by Wire with ETCS-i (Electronic Throttle Control System with Intelligence) mengatur bukaan throttle mesin tak langsung mengikuti injakan pedal gas, tapi disesuaikan dengan kebutuhan mesin dan kondisi lainnya secara elektronik. Hasilnya, akselerasi terasa responsif mulai dari putaran bawah dengan konsumsi bbm yang sangat irit. Saat di tes oleh OTOMOTIF di jalan tol dalam kota dan tol Cipularang, konsumsi BBM mencapai 21,2 km/l apabila dipacu dalam kecepatan konstan 80 km/jam.

Tak hanya andal dalam menghemat budget pengeluaran bahan bakar. Terbukti saat berlaga di sirkuit Sentul, melalui Toyota Team Indonesia (TTI), Toyota New Vios berhasil merajai kelas Fastron-Pertamax Touring Car Championship 2008. Tak salah bila Vios dinamakan 'Fuel saver And Speedmaker'.

Ditambah lagi fitur Gate Type shift pada versi matik untuk mencegah kesalahan pengoperasian transmisi yang sedang marak beberapa tahun terakhir.

INTERIOR

Di segi interior, baris kedua di belakang memiliki lantai yang rata untuk memudahkan penumpangnya. Tidak hanya itu, sejumlah tempat penyimpanan di kabinnya sangat membantu untuk meletakkan barang bawaan. Seperti kompartemen penyimpanan di sisi kiri dan kanan konsol tengah, tempat penyimpanan yang melebar di bawah kemudi. Konsol boks di antara pengemudi dan penumpang depan cukup untuk menyimpan koleksi CD maupun makanan kecil. Empat buah cup holder dan bottle holder di depan menjadi kelebihan tersendiri. Karena dua di antaranya diletakkan persis di bawah kisi-kisi AC yang sekaligus secara otomatis berfungsi sebagai pendingin minuman.

Disisi kualitas produksi bahan yang dipakai untuk interior Toyota Vios seperti bahan plastik yang kokoh, jahitan & bahan kursi yang bermutu menempatkan mobil Toyota Vios sebagai mobil yang minim keluhan pelanggan dibanding pesaingnya.

EXTERIOR DESIGN

Desain eksterior Toyota Vios kini juga telah menganut filosofi desain vibrant clarity yang dinamis dan elegan. Tak hanya bagi pengemudi, Toyota juga merancang agar fitur Vios aman bagi pejalan kaki berkat teknologi pedestrian safety. Hal ini dimungkinkan berkat desain kap mesin yang meminimalkan cedera bagi pejalan kaki apabila sampai tertabrak, juga desain nosel wiper yang tidak lagi menonjol di kap mesin agar tidak mencelakakan. Dengan hambatan angin atau coefficient drag New Vios hanya sebesar 0,3. Segala desain ini tentu demi sisi aerodinamis mobil compact ini.

Belum lagi dari sisi kualitas, eksterior New Vios dinilai mendekati sempurna, assembling standar international Toyota menciptakan panel yang rapat hingga tidak menyisakan rongga, didukung bahan yang tidak cepat rusak, namun juga ringan dan cat anti karat yang menjadi standar mobil mini sedan ini.

DRIVING EXPERIENCE

Berkendara bersama mobil New Vios menjadikan pengalaman tersendiri, dengan bantingan yang sempurna dan handling yang lincah tak heran bila penilaian dalam hal ini mendekati sempurna. Menggunakan suspensi depan McPherson Strut dengan coil spring yang dilengkapi stabilizer, dan suspensi belakang Torsion Beam juga dengan coil spring. Kenyamanan yang diberikan melebihi ekspektasi kebanyakan orang. Terlebih mobil berbobot 1.050 kg ini sudah dilengkapi dengan teknologi rem dengan antilock brake system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA). Saat menghadapi kondisi pengereman ekstrem, roda Toyota Vios tidak terkunci sehingga masih bisa dikendalikan dan diarahkan. Ditambah fitur SUPER ECT (electronically Controlled Transmission) untuk versi matik, yang mengontrol kinerja transmisi otomatis secara elektronik membuat pengendalian lebih nyaman dan halus di jalan menurun dan menanjak.

FITUR

Fitur yang ditawarkan mobil Vios juga bisa dibilang berlebih dibanding pesaingnya, terlihat dari satu-satunya mobil mini sedan yang tidak memakai kunci konvensional, dengan smart entry yang terintegrasi dengan starter mobil, pemiliknya cukup mengantongi kunci pintar tersebut dan pencet tombol starter untuk menyalakan mobilnya. Hadirnya lampu HID juga menambah eksklusivitas serta performa penerangan di malam hari. Walau dengan mengaktifkan foglamp saja sudah terasa cukup terang, tapi ketika lampu HID-nya dinyalakan, penerangan ke depan menjadi lebih superior tanpa membahayakan pengemudi lain.

Toyota Vios juga dilengkapi MID atau Multi Information Display. Yang menginformasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan anda, MID dapat memantau konsumsi BBM real time atau rata-rata, jarak perjalanan atau kecepatan rata-rata dari perjalanan anda.

KESIMPULAN

Toyota Vios memang layak mendapatkan predikat IQS 3 kali berturut-turut. Dengan semua fitur kendaraan yang kami bahas diatas, dibandingkan dengan harga mobil Vios yang terjangkau menjadikan Toyota Vios sebagai mobil dengan purchase value yang tinggi. Apalagi untuk biaya sehari-hari yang relatif rendah, jaringan bengkel Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kualitas pelayanan yang prima dan juga resale value yang baik di kelasnya, menjadikan Toyota Vios sebagai mobil best value di kelasnya.

Apakah IQS?

Initial Quality Service (IQS) adalah hasil survey dari lembaga riset J.D Power and Associate, mengenai kepuasan pelanggan selama 2 sampai 6 bulan pertama dalam kepemilikan mobil. Yang dihitung antara lain 200 gejala dan masalah dalam dua kategori, yakni kualitas desain dan kualitas produk. Survei komponennya sendiri meliputi: eksterior, interior, pengalaman berkendara, fitur, kontrol/ tampilan, audio dan hiburan/sistem navigasi, tempat duduk, ventilasi pendinginan AC hingga transmisi.

Penilaian dilihat berdasar masalah yang dialami per 100 kendaraan (PP100). Skor yang lebih rendah menunjukan kualitas yang lebih tinggi. Dalam IQS 2008 ini, Toyota Vios mendapat skor terbaik 116 poin dan menggapai posisi pertama segmen entry midsize/midsize car. Di Indonesia penilaian IQS berdasarkan dari 2.857 pemilik mobil yang membeli kendaraannya antara bulan Oktober 2007 sampai Juli 2008. Risetnya sendiri dilakukan dari bulan April hingga September 2008, meliputi 51 jenis mobil dari 13 merek mobil yang beredar di pasaran.

Mengenai JD Power

JD Power ialah salah satu unit bisnis perusahaan The McGraw-Hill Companies yang bergerak pada jasa servis untuk riset kepuasan pelanggan, konsultasi bidang otomotif, teknologi informasi dan keuangan. Berkantor pusat di Westlake Village, California, Amerika Serikat. Untuk di Asia Pasifik, JD Power berkedudukan di Singa-pura, Tokyo dan Cina. Semua hasil riset yang dilakukan JD Power berdasarkan respon dari jutaan konsumen yang diadakan secara teratur. The McGraw-Hill Companies sudah memiliki setidaknya 280 kantor di lebih dari 40 negara.