2009, Tiga MPV Baru Incaran Konsumen

Toyota Passo Sette dan Daihatsu Boon LuminasTiga MPV baru, Honda Freed, Toyota Passo Sette dan Daihatsu Boon Luminas hampir dipastikan akan menggoyang pasar otomotif Indonesia di 2009 mendatang.

Honda Freed yang sudah dipasarkan di Jepang tahun ini kalau tidak ada halangan akan masuk pasar Indonesia tahun depan. Demikian juga dengan Passo Sette dan Boon Luminas.

Passo Sette dan Boon Luminas, dua produk kolaborasi andalan Toyota Daihatsu ini baru saja diperkenalkan kepada wartawan di Jepang bertepatan dengan perayaan Natal (25/12) lalu. Kedua produk ini baru akan dipasarkan menjelang tutup tahun 2008 atau kalau pun meleset sekitar awal tahun antara Januari-Februari.

Para analis di Jepang menilai kehadiran Passo Sette dan Boon Luminas akan menyaingi Freed, minivan buatan Honda Motor Co. yang dibandrol 1,64 juta yen. Honda Freed adalah minivan yang di desain untuk menampung lebih dari lima penumpang, user friendly dan tentunya modis.

Varian ini diyakini akan menjadi salah satu senjata Honda yang memang diproyeksikan untuk menyaingi Toyota Sienta dan Nissan Cube di pasaran global. Untuk di Indonesia, Honda Freed akan menjadi rival kuat Nissan Livina, Kijang Innova dan MPV milik Daihatsu yang akan masuk Indonesia tahun 2009.

Dengan mengusung mesin 1500cc i-VTECH, Honda mengklaim Freed akan lincah melakukan berbagai manuver, sekalipun demikian mobil ini diyakini hemat bahan bakar. Dari hasil uji coba yang sudah dilakukan berulang-ulang, Freed menghabiskan 1 liter untuk jarak tempuh 16,4 km rendah emisi dan sesuai dengan standar emisi Jepang.

Honda Freed memiliki dimensi ukuran panjang 4,215 mm, lebar 1,695 mm, dan tinggi 1,720 mm dan disertai model dengan tambahan sky roof. Dengan sliding doors di kedua pintu penumpang dengan lebar 600 mm, dapat mudah di operasikan oleh penumpang belakang.

Mobil kompak beratap lapang ini memang tampak lega, Freed bahkan bisa mengangkut hingga delapan penumpang, sangat cocok untuk kondisi di Indonesia yang rata-rata terdiri dari keluarga besar. Bahkan, kursi belakang bisa dilipat sehingga sepeda sekali pun dapat masuk ke dalam mobil ini.

Keselamatan menjadi salah satu prioritas utama, Freed mengusung Honda's Advanced Compability Engineering Body yang tidak hanya memberikan perlindungan kepada pengemudi dan penumpangnya tetapi juga meminimalisir kerusakan yang parah akibat kecelakaan.

Freed menggunakan suspensi MacPherson strut di kedua roda depan dan H-shaped torsion beam, untuk roda belakang, yang akan memberikan rasa nyaman bagi penumpang di depan maupun belakang.

Bagaimana dengan Passo Sette dan Boon Luminas ?. Sette dalam bahasa Italia berarti tujuh, sedangkan Luminas diambil dari kata roomy dan luminous atau berkilau (mewah). Dari kedua nama itu, Toyota dan Daihatsu sepertinya memfokuskan Passo dan Boon sebagai kendaraan keluarga.

Semua varian kedua kendaraan menggunakan engine yang sama, 1.5 liter 3SZ-VE. Mesin ini mampu memproduksi tenaga 109 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.400 rpm. Sangat mirip dengan pendahulunya, Avanza-Xenia. Namun bedanya, ada varian mobil ini yang menggunakan sistem 4WD.

Sebagai kendaraan keluarga, konsumsi bahan bakar menjadi perhatian yang serius. Karena itu Toyota Passo Sette dan Daihatsu Boon Luminas hanya membutuhkan satu liter untuk jarak 15,6 km.

Dari penampilannya, Passo Sette dan Boon Luminas mirip Nissan Livina. Namun interiornya mengingatkan orang pada Toyota Kijang Innova. Passo Sette hadir dengan interior yang dilengkapi monitor 7 inci yang mampu memutar cakram DVD.

Sedangkan Boon Luminas hanya menawarkan audio system yang support CD. Namun interior Boon Luminas lebih lapang dari Passo Sette. Untuk pasar di Jepang, Toyota menawarkan harga mulai dari 1,49 juta Yen atau sekira Rp183 juta. Sedangkan Daihatsu melego lebih mahal, mulai 1,54 juta Yen atau sekira Rp189 juta.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota Baru, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan, dengan klik link di bawah ini;

Komentar