Toyota Juga Terjuni Mobil Murah

mobil Toyota murahTrend produsen India membuat mobil murah benar-benar membuat was-was beberapa nama besar di dunia otomotif. Toyota tak terkecuali. Raksasa otomotif Jepang ini akhirnya ikutan membuat program mobil murah yang berbasis di India.

Seperti dilansir forbes.com, akhir pekan lalu, Toyota akan menggandeng adiknya, Daihatsu untuk memproduksi mobil murah. Mobil ini di desain mampu menjangkau pendapatan keluarga kelas menengah ke bawah. Mobil murah Toyota-Daihatsu ini diharapkan bisa dirilis tahun 2010 nanti.


Produk mobil murah ini nantinya akan menggunakan brand tersendiri, bukan menjadi varian merek Toyota ataupun Daihatsu. Sebagai tempat produksi, Toyota tengah mempertimbangkan India untuk kawasan Asia dan Brazil untuk kawasan Amerika.

Bila jadi nanti, perkiraan harganya nanti setelah dilepas ke pasaran sekitar US$ 5,004 atau sekitar Rp 50 juta. Memang masih lebih mahal dari rencana harga Tata Nano 'kosongan' yang sekitar Rp 25 juta, namun nama besar Toyota bisa menjadi obat disparitas tersebut. Di samping itu, senjang waktu 1 tahun (Tata Nano dilansir awal 2009) memberi waktu Toyota untuk merancang strategi pemasaran.

Di sisi lain, rencana Toyota tersebut tak urung dikritisi oleh banyak praktisi otomotif. Salah satu isu yang dikhawatirkan adalah bagaimana menjaga image Toyota yang sudah terbentuk. Toyota kini perusahaan otomotif terdepan, konsumen loyalnya tentu mengharapkan produk yang lebih maju dan berteknologi tinggi. Menciptakan mobil supermurah tentu tidak sejalan dengan image Toyota.

Membuat mobil murah saat ini memang menjadi magic word industri mobil di India. Di mulai dengan Tata Motors yang pada akhir tahun ini akan meluncurkan Tata Nano dengan harga Rp 25 jutaan. Langka Tata Motors tersebut diikuti konsorsium Bajaj Auto, Renault dan Nissan Motors. Mereka juga akan merilis mobil murah pada tahun 2010. Belakangan Suzuki dan partnernya, Maruti juga ikutan membuat mobil murah.

Dapatkan informasi Harga Mobil Toyota, diskon, cashback, program promosi, bonus menarik yang kami tawarkan, dengan klik link di bawah ini;

Komentar